kuliah jurusan informatika

Divrencomputer – Teknik Informatika salah satu jurusan kuliah yang sedang banyak diminati oleh kalangan milenial melihat begitu besarnya peluang kerja dan karir di bidang ini.

jika masih ragu tentang peluang kerja dengan kuliah diteknik informatika ini ikuti terus artikel ini kita akan bahas dari cara memilih kampus nya, kesulitan yang akan dihadapi di bidang ini maupun peluang kerja setelah nya.

Jurusan Teknik Informatika itu apa??

Dikutip dari halaman WIKIPEDIA : Teknik Informatika merupakan disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

Saat memutuskan untuk memilih jurusan teknik informatika ada beberapa pertanyaan yang sering di pertanyakan oleh calon mahasisswa, berikut diantara nya :

Alasan kenapa memilih kuliah di teknik informatika?

Banyak hal yang bisa dijadikan alasan untuk mengambil jurusan ini salah satu yang paling penting adalah banyak nya kebutuhan dunia kerja di bidang ini dan juga sangat relevan dengan perkembangan dunia usaha kedepan mengingat teknologi komputer sudah semakin melekat dalam setiap aspek kehidupan manusia.

Untuk ber wirausaha pun lulusan teknik informatika ini memiliki peluang yang besar.

Apa saja yang dipelajari di jurusan teknik informatika?

Pada semester awal seperti mata kuliah pada umum nya akan diberikan materi dasar seperti : matematika, fisika dasar, kimia dasar, bahasa inggris dan mata kuliah dasar lainnya dan tentunya akan belajar dasar pemograman.

Mata kuliah matematika, fisika bahkan kimia sudah diberikan pada semester awal. Jika anda fikir itu menakutkan, tenang dulu.. menurut saya matematika disini hanya untuk memperkuat lobika dan asah kamampuan berfikir logis saja. Tidak akan terlalu mendalam pembahasanan nya, tapi.. ya siap siap saja untuk kemungkinan terburuk nya, hahaha

Pada semester selanjutnya akan diberikan mata kuliah teknik informatika yang lebih banyak tentang programming, basis data, sistem operasi, troubleshooting dan lain sebagai nya. pada tahap ini anda akan mulai menikmati perkuliahan dengan catatan ada memang menyukai dunia komputer.

Jika ada yang berpendapat kuliah dijurusan informatika itu susah maka bisa disimpulkan pada dasar bukan disini passion nya.

Hal yang lebih seru adalah ketika masa praktek lapangan tiba, setiap mahasiswa akan diberikan kesempatan magang di perusahan  rekanan kampus untuk lebih mengasah kemampuan nya di dunia kerja. Jurusan teknik informatika ini cocok sekali untuk wanita karena banyak peluang kerjanya yang memang di kantor saja bahkan bisa ngantor di rumah.

Persiapan untuk kuliah di jurusan informatika

Ok, jika sudah mantap untuk memulai karir di bidang IT maka tahap selanjutnya perlu mempersiapkan beberapa hal agar lebih mudah kedepannya :

Pertama, tentu saja perkuat Niat dan keinginan untuk bisa menjadi ahli di bidang IT dengan niat yang kuat semua masalah yang ada didepan akan lebih mudah untuk di hadapi.

Kedua, pastikan anda memang hobby didunia IT suka otak atik komputer karena mau tidak mau dari sini kedepan nya komputer akan menjadi hal yang paling sering anda “urus”, perlahan nanti mulai untuk mempertajam logika dan kemampuan menganalisa karena ini sangat dibutuhkan seorang ahli IT

Ketiga, Pertimbangkan masalah biaya, hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan rajin mencari beasiswa karena banyak universitas bahkan kadang pemerintah pusat maupun daerah yang menyediakan beasiswa kuliah di teknik informatika

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button