Cara Memperbaiki PC AIO Lenovo C – 440, Tidak Detek Harddisk

Divrencomputer.com | Berikut ini adalah dokumentasi servis PC All in One merek Lenovo Seri C-440 dengan kerusakan tidak bisa detek harddisk, meskipun sudah diganti harddisk baru namun tetap tidak terbaca di BIOS

Sekilas Tentang PC AOI Lenovo C-440

Pada Seri  C  PC All in One besutan lenovo diperkenalkan kembali oleh Lenovo di C440-7246. Lenovo menghadirkan produk entry-level ini dalam konsep yang stylish, ultra-tipis, dan mudah digunakan.

Dilengkapi dengan panel pendukung logam hitam yang tahan lama dan tidak licin bahkan pada permukaan kaca.

Dimensi layar milik C440-7246 adalah Full HD 21,5 inci dengan layar sentuh multi-sentuh 10 titik. Sistem operasi yang mendukung C440-7246 adalah Windows 8, yang disertakan dalam paket pra-instal.

Kapasitas memori C440-7246 hingga 1TB, dan konektivitas bergantung pada Bluetooth dan Wi-Fi.

Di Seri C sebelumnya, Lenovo mengimplementasikan AMD APU. C440-7246 menggunakan prosesor I3-3240.

Core I3-3240 menggunakan arsitektur Ivy Bridge dual-core 3.4GHz dan TDP 55W. Pavilion 20 – A210I Core I3-3240T juga mendukung Hyperthread, yang mendukung multitasking dengan RAM DDR3 4GB.

GPU HD Graphics 2500 sudah memiliki teknologi DirectX dan video Intel Quick Sync untuk kualitas gambar yang lebih baik. Kekurangan dari Core i3-3240 adalah tidak memiliki fitur Turbo Boost, sehingga tidak memiliki kemampuan overclocking.

Untuk kinerja GPU diskrit, C440-7246 dilengkapi dengan kartu grafis GeForce 605 DDR3 2GB. GPU diproduksi oleh Nvidia untuk kelas bawah menggunakan teknologi CUDA, DirectX 11.1 dan PhysX. Di DirectX 11.1 hanya bisa digunakan dengan Windows 8.

Kekurangan dari Geforce 605 adalah Turbo Boost tidak diaktifkan, dan kualitas grafis 3D yang dihasilkan tidak maksimal.

Sebuah produk entry-level yang menggabungkan kinerja dua kartu grafis, ini merupakan terobosan yang jarang dilakukan oleh banyak pabrikan lain.

Meski performanya masih terbatas, namun dengan menggabungkan performa keduanya, setidaknya prosesor utama bisa menahan sedikit kelegaan.

Download Skema dan BIOS AIO lenvovo C  – 440

Dalam melakukan analisa dalam perbaikan laptop diperlukan bahan bahan untuk memudahkan pekerjaan, bahan bahan yang diperlukan untuk menganalisa kerusakana pada PC AIO C 440 ini sudah kami siapkan dan bisa di download pada link dibawah ini :

Donwload Skema PC AIO Lenovo C-440

 

Skema PC AIO Lenovo C-440

Proses Perbaikan PC All In One Lenovo C-440

Kali ini kita mendapat servisan PCA AIO C 440 dengan keluhan tidak bisa detek harddisk

Langkah Langkah awal yang perlu dilakukan dalam menangani kerusakan tidak detek harddisk :

  • Coba ganti dengan harddisk Baru atau harddisk bekas yang bisa dipastikan dalam kondisi bagus, atau
  • Gunakan adapter hardisk external untuk mencoba akses harddisk nya pada komputer lain
  • Cek Kabel kabel (SATA dan POWER ) dalam kondisi bagus baik secara fisik maupun fungsi nya
  • Ukur tegangan + 5V ‘hadir’ sebagai power untuk harddisk dapat bekerja
  • Check BIOS (Upgrade jika diperlukan)
  • Check chip I/O pada mainboard

 

Setelah dilakukan langkah langkah pengerjaan standard seperti penjelasan diatas maka pada kasus servisan kali didapatkan kondisi sebagai berikut :

  • Ditemukan Kondisi abnormal berupa korosi pada soket kabel harddisk, lanjut bersihkan hati hati menggunakan thinner, done!
soket-harddisk-c-440
Pengecekan pada soket harddisk SATA pada mainboard ditemukan kondisi soket yang korosi sehingga koneksi data antara harddisk dan chip IO pada mainboard terganggu

 

  • Selain pada soket yang ada pada mainboard, kondisi soket pada kabel SATA juga terdapat korosi, bersihkan menggunakan thinner, done!
tidak-detek-harddisk
Juga ditemukan kondisi kotor dan korosi pada soket SATA kabel Harddisk

 

Setelah soket SATA dibersihkan kemudian dilanjutkan pengetasan dan harddisk kembali terdeteksi dan berjalan normal, kesimpulan nya adalah dikarenakan adanya korosi pada soket SATA menyebabkan transfer data menjadi terganggu

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button