BLT UMKM Akan Dicairkan Sampai Dengan Desember,Apakah Anda Terdaftar Sebagai Penerima BLT UMKM 2021? Berikut Cara Pengecekannya!

Divrencomputer | Kementrian Keuangan (kemenkau) angkat suara tentang keberlanjutan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) maupun Bantuan Langsung tunai BLT UMKM 2022 yang akan datang.Dan kita akan membahas tentang BLT UMKM 2021 kapan sih akn di cairkan untuk bulasn november ini?

Isa Rachmatarwata selaku Direktur jendral anggaran kemenkau mengatakan,”Program BLT UMKM 2022 akan di lanjutkan atau tidaknya itu tergantung dengan kebijakan komite penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN)”dipimpin oleh Menteri Perekonomian.

“Sampai dengan saat ini komite PC PEN belum ada membahas tentang nasib program BLT UMKM untuk tahun 2022 nantinya”,Isa mengatakan, Selasa (21/9/2021): “Sabar menunggu informasi dari panitia.”

Dalam Hal ini, Koperasi dan UKM menyalurkan BPUM atau BLT UMKM pada tahun 2021 sebanyak 99,26% ataupun sama dengan 15,24 juta.

Kemenkop UKM menargetkan penyaluran bantuan ini hingga 100% pada akhir September 2021.

Sebelum itu,Eddy Satriya selaku ajudan Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan pihaknya belum bisa memastikan program BLT UMKM 2022 itu akan berlanjut.

Kemenkop UKM saat ini masih sedang menunggu keputusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tentang anggaran  BLT UMKM 2022.

“Kami sedang menunggu(keputusan) dari kemenkeu untuk BPUM tahun depan,kami siap jika diminta sekali lagi,karna banyak yang masih membutuhkan dan mengharapkan untuk mendapat bantuan ini”.Kata Eddy

Menurut Eddy, kelanjutan program BLT UMKM 2022 akan lebih tergantung pada alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022.

Meski akhir BLT UMKM 2022 belum diketahui, Kemenkop UKM akan memastikan terus berlanjut. untuk menilai distribusinya. bantuan, baik secara internal maupun di lembaga lain.

Meski belum ada kepastian nasib BLT UMKM 2022 , Kementerian Koperasi UMKM memastikan akan terus mempertimbangkan penyaluran bantuan baik secara internal maupun dengan melibatkan organisasi lain.

Pencairan BLT UMKM 2021

Yang jelas nya untuk bulan ini hingga desember 2021.BLT UMKM akan di cairkan Pemerintah melalui Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah akan mendistribusikan kembali BPUM kepada usaha kecil.

Besaran BPUM yang diperoleh tetap tidak berubah, yaitu Rp 1,2 juta untuk usaha mikro.

Untuk pencairan BLT UMKM 2021 masih dapat dilakukan sampai dengan Desember 2021.

BLT UMKM 2021 saat ini akan didistribusikan oleh dua bank, antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Nasabah BNI

Nasabah BNI dapat mengecek status Penerimaan  BLT UMKM 2021 dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka https://banpresbpum.id
  • Masukkan NIK
  • klik “Cari”
  • Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa anda terdaftar sebagai penerima BLT UMKM 2021 atau tidak.

Nasabah BRI

Dan jika anda nasabah BRI berikut langkah-langkah atau cara yang bisa anda lakukan untuk  pencairan BLT UMKM bagi pelaku usaha mikro:

  • Penerima BLT UMKM  bisa cek secara elektronik melalui BRI di website https://eform.bri.co. .id / bpum
  • Masukkan NIK yang tertera di KTP
  • Masukkan kode verifikasi yang muncul di layar
  • Klik “Terima permintaan”
  • Muncul pesan meskipun anda terdaftar atau tidaknya sebagai penerima BPUM 2021.

Jika anda tertulis sebagai penerima BLT UMKM 2021, maka Anda bisa menghubungi cabang BRI terdekat untuk menyelesaikan pencairan dengan melengkapi persyaratan dan membawa  e-KTP asli.

Selain itu, dokumen lain yang diperlukan untuk pencairan adalah:

  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).
  • Pemberitahuan Surat Kuasa dan Formulir Pembukaan Rekening / Informasi Perubahan Rekening yang diberikan
  • oleh BRI dan harus dilengkapi pada saat diterima oleh penerima di kantor BRI.

Pencairan BPUM tidak di pungut biaya sama sekali atau sama dengan gratis.

 

Related Articles

Back to top button