Processor Laptop

Upgrade Processor Laptop Untuk Meningkatkan Performa Laptop Mu!

DivrenComputer | Bisakah Saya Upgrade Processor Laptop? Pertanyaan ini pasti terngiang di benak Anda. Tidak apa-apa karena pertanyaan ini sering ditanyakan oleh pengguna laptop lain.

Processor merupakan bagian dari laptop yang sering disebut CPU dimana Processor merupakan otak dari semua proses yang berlangsung pada laptop.

Karena peran besar Processor ini dalam kinerja laptop, banyak orang ingin Mengupgrade Processor dengan yang lebih Tinggi. Bahkan walaupun sulit, perubahan Processor dapat dilakukan jika kondisi terpenuhi.

 walaupun  hanya dua vendor besar yang saat ini dikenal memproduksi Processor, keduanya mempunyai banyak pilihan  sangat beragam. Tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Jika Anda ingin Upgrade Processor Laptop, ada banyak hal yang harus dipahami. Berikut adalah penjelasannya!

 Bagaimana Cara Upgrade Processor Laptop?

Untuk MengUprade Processor Laptop,Sangat berbeda dengan cara mengauprade CPU pada computer,tidak boleh sembarangan.nantinya tidak mendapatkan hasil yang diinginkan  ,malah bisa merusak laptop.

Jadi, apakah Pocessor Laptop bisa di Upgrade? ya, kamu bisa MengUpgrade nya dan bisa juga tidak. Karena kunci untuk MengUpgrade Processor laptop ini adalah socket dan jenis pemasangannya. Jika socketnya sama dan Processor tidak terpasang secara permanen, Anda dapat Upgrade Processor Laptop tersebut.

Sayangnya, jika Anda memiliki laptop dengan Processor yang terpasang secara permanen, itu tidak dapat di Upgrade. Karena jika dipaksakan akan menimbulkan kerusakan akibat pelepasan paksa Processor.

Jika Processor permanen tetap tidak responsif, mungkin ada kerusakan Processor. Bahkan jika Processor baru dapat diinstal nanti, kemungkinan Processor tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Upgrade Processor Laptop tentu tidak mudah karena harus disesuaikan dengan hardware dan motherboard agar kompatibel. Jika Anda tidak melakukannya sendiri, serahkan pada ahlinya.

Jenis-jenis Processor

Seperti disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis prosesor di pasaran. Namun, dua merek yang paling terkenal adalah Processor Intel dan AMD. Berikut perbedaan singkat antara keduanya.

1. Processor Intel

 Processor Laptop Intel biasanya digunakan untuk aktivitas sehari-hari, asalkan penggunaan berat tidak melebihi batas. Keunggulan Processor ini adalah lebih tahan panas dan memiliki performa yang sangat tinggi.

Sejalan dengan kelebihannya, harga Processor Laptop Intel tentu saja lebih mahal. Rentang urutan Processor Intel adalah Intel Core i3, i5, i7 dan i9.

2.Processor  AMD

 Processor Laptop AMD lebih populer di kalangan penggemar game. Hal ini karena Processor AMD dilengkapi dengan teknologi VGA AMD Radeon yang terintegrasi dengan Processor untuk tampilan grafis yang lebih halus.

Apalagi jika Anda hanya menggunakan laptop sesekali, hanya untuk bermain game yang keras dan tidak menyala terus-menerus, maka Processor AMD ini lebih cocok. Sayangnya, Processor AMD menjadi lebih cepat panas daripada Processor Laptop Intel.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menyiapkan cooling pada saat bermain game. Namun, harganya yang lebih murah dari Intel menjadikan AMD pilihan yang layak. Untuk merk AMD yang cukup terkenal, seri Ryzen memiliki level AMD Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7 hingga Ryzen 9.

Cara Aman MengUpgrade Processor Laptop

 Jika Anda memiliki laptop, dengan asumsi bahwa Processor dapat diUpgrade, berikut adalah langkah-langkah pasti agar Anda dapat dengan mudah Upgrade Processor Laptop:

  • Periksa Socketnya. Untuk melakukan ini, buka kotak dan lepaskan radiator atau pendingin di laptop.cari informasi ukuran socket dan apakah bisa diupgrade atau tidak.
  • Temukan Processor yang tepat untuk ditingkatkan. Periksa apakah kualitasnya terbaik dan sesuai dengan socketnya. Belanja di toko komputer terpercaya.
  • Pembaruan BIOS (opsional). BIOS diperbarui agar Processor baru dapat dikenali, karena fungsi BIOS adalah menyimpan informasi perangkat keras. Memperbarui BIOS juga dapat meningkatkan kinerjanya.
  • Membersihkan socket. Terkadang socket depan menjadi kotor karena debu yang menempel di atasnya. Debu pembersih dapat ditiup dengan lembut, dengan bantuan alat khusus atau dengan kuas.
  • Siapkan Thermalpasta. Thermalpasta HARUS digunakan untuk menghilangkan panas dari Processor di dalam Heatzink. Jika Anda lupa mengoleskan Thermalpaste, dijamin akan terlalu panas.
  • Hal selanjutnya adalah Upgrade Processor Laptop. Untuk MengUpgrade Processor, pertama buka cashing dan lepaskan Processor yang terpasang. Processor baru dimasukkan dan dikunci di socket. Processor ini kemudian diperiksa kembali sebagaimana mestinya. Harus berhati-hati dalam mengatur waktu proses ini, dan jika tidak mungkin melakukannya sendiri, para ahli harus di bantu oleh ahlinya.
  • Hal yang paling penting berikutnya adalah menginstal sistem operasi. Meskipun langkah ini juga opsional, kemungkinan hanya dilakukan jika Anda memiliki sistem operasi yang lebih lama. Tujuan dari proses instalasi ini adalah agar sistem dapat mengidentifikasi perangkat baru yang masuk sehingga sistem dapat bekerja secara optimal.

 Pengoperasian Processor Laptop memainkan peran yang sangat penting dalam pengoperasian sistem. Jadi bisakah Processor Laptop Upgrade? Jawabannya adalah ya, asalkan pas di socket dan tidak terpasang permanen.

Dengan Upgrade Processor Laptop Anda, Anda dapat meningkatkan kinerja sistem agar bekerja lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa MengUpgrade Processor harus dilakukan dengan hati-hati oleh seorang ahli dan hanya oleh satu ahli.

Sesuaikan prosesor dengan kebutuhan dan anggaran Anda!

Daftar isi

Check Also

lcd laptop rusak

Penyebab LCD Laptop Rusak dan Cara Memperbaikinya

Divrencomputer | Penyebab LCD laptop rusak yang pernah kami temukan cukup beragam dan kebanyakan diantara …