Cara Instal NetFramework 3.5 Offline Win 7/8/10

Netframework 3.5 instal, error
Netframework 3.5
Siapa yang pernah mengalami pesan error
 "an app on your PC needs the following windows feature :
.net  framework 3.5 (includes .Net 2.0 and 3.0) ketika menginstal aplikasi?? 

jika anda sedang mengalami nya, anda berada pada tutorial yang pas karena kita akan menjabarkan solusi nya pada artikel ini, silahkan lanjutkan membaca.

Secara singkat pesan error muncul karena netframe work 3.5 tidak tersedia pada windows yg ada di komputer atau laptop, sedangkan aplikasi yang akan diinstal membutuh kannya.

Netframework adalah sebuah komponen ada pada sistem operasi windows, secara default komponen ini tidak selalu terinstal ketika kita melakukan instal ulang windows. komponen ini sebenarnya diperlukan oleh banyak program aplikasi terutama aplikasi yang bersifat development aplication

Oleh karena itu netframework ini perlu diinstal secara terpisah ketika dibutuhkan, dan tiap serinya pun terkadang terpisah seperti misalnya pada windows 8 dan 10 secara default sudah terpasang netframework 4.0 tetapi tidak ada netframework 3.5 kebawah, dan fungsi netframework 3.5 tidak bisa digantikan oleh seri 4.0, sedangkan pada win 7 malah kebalikan nya untuk netframework 3.5 sudah terinstal default sedangkan seri 4.0 belum terpasang.

Cara menginstal netframework pada windows 7 / 8 / 10 :

Sebenar nya ketika tampil error  seperti gambar diatas, bisa saja memilih "install this feature" akan tetapi ini membutuhkan jaringan internet yang stabil (install online), jika jaringan tidak stabil maka akan error ditengah jalan kemudian harus diulangi dsari awal lagi, tentu nya akan membuang waktu saja memilih cara ini ketika internet tidak stabil, oleh sebabkan itu gunakan cara offline saja.

#1 Instal netframework pada windows 7

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya pada windows 7 netframework 3.5 kebawah sudah terpasang secara default, jadi yang perlu kita tambahkan adalah netframework 4.0

Menginstal netframework 4.0 pada win 7 tidak lah susah kita tinggal menjalan kan master instalnya kemudian instal hingga selesai, y... semudah itu saja, untuk master install nya bisa didapatkan dibawah ini :




#2 Instal netframework pada windows 8 / 10

Untuk windows 8 dan 10 netframework 4.0 tidak perlu ditambahkan lagi karena sudah otomatis  terpasang pada saat instal ulang windows, untuk netframework 3.5 berikut cara menginstalnya pada windows 8 dan 10, cara nya sama yaitu dengan mengopykan terlebih dahulu folder "sxs" pada master instalasi windows ke partisi C:

Permasalahan muncul ketika proses instal ulang tidak anda lakukan sendiri atau anda menginstal di tempat servis otomatis anda tidak memiliki file sxs tersebut, cara yang paling pas adalah dengan meminta file tersebut ke tempat dimana anda menginstal ulang.

Cara diatas bisa dilakukan jika anda kenal dekat dengan tempat anda instal ulang jika tidak tentu anda akan kesulitan mendapatkan file tersebut, solusinya adalah dengan mengambil file di artikel ini saja mudah mudahan cocok dengan seri windows yang terinstal dilaptop anda.

Langkah Instal Netframework 3.5 :

  1. Copykan folder "sxs" pada partisi C
    sesuaikan file sxs dengan windows anda kemudian ekstrak terlebih dahulu sehingga berbentuk folder "sxs" dan pastikan posisi anda menyimpan file ini harus sesuai nantinya dengan perintah CMD nya, jadi sebaiknya langsung copy di partisi jangan dalam folder lagi, misalnya langsung copy di C:

    SXS Win 8.1           SXS Win 10

  2. Jalankan Command Promt (cmd) dalam mode Administrator


    cmd mode administrator
    cmd mode administrator


    Jalankan perintah berikut pada cmd :

    Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:X:\sxs /LimitAccess

    Perhatikan code "Source:X:\sxs" , ini adalah lokasi dimana folder sxs diletakkan jadi sesuaikan dengan yang ada dikomputer anda, jika anda copykan folder sxs nya pada partisi C: maka huruf X diganti dengan huruf C

  3. Tunggu hingga proses selesai 100%
    Instal netframework  win 10, Instal netframework win 8
    Instal netframework
     
Demikian cara menginstal netframework pada win 7 / 8 / dan 10. silahkan share jika bermanfaat!

1 Komentar untuk "Cara Instal NetFramework 3.5 Offline Win 7/8/10"

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel