3 Cara mudah Edit File pdf [100% Works]

Pdf merupakan sebuah format file yang di ciptakan adobe Systems untuk kebutuhan berbagi atau sharing dokumen digital. format pdf berbentuk file berupa teks, angka, dan gambar.

convert pdf to word
pdf to word
 Pdf sudah menjadi sebuah standar internasional dalam pemformatan sebuah dokumen digital, pada awalnya format pdf ini tidaklah gratis untuk menggunakannya harus membayar lisence terlebih dahulu sama halnya dengan microsoft office.

Pada perkembangannya pdf menjadi gratis namun hanya untuk reader nya saja, adobe merilis adobe reader khusus untuk membaca atau membuka file dengan format pdf secara gratis, tapi unutk melakukan editing harus menggunakan  adobe reader versi pro dan berbayar.

Pdf menjadi populer karena kompatibilitas nya yang lintas platform, format pdf berjalan dengan baik pada Windows, Linux maupun Mac OS. Plugin Adobe pada berbagai macam internet browser juga menjadi alasan karena semua internet browser yang ada mampu menjalankan format pdf dengan baik secara online.

File yang sudah berbentuk pdf biasanya berupa file final, bukan untuk diedit lagi. Makanya banyak kita temukan di internet file berformat pdf seperti e-book, brosur, dan banyak lainnya. Namun pada beberapa kasus kita perlu untuk melakukan editing pada file pdf, bagaimana caranya?? Kali ini kita akan bahas beberapa cara untuk mengedit file pdf. 

Adobe systems hanya merilis versi gratis untuk pdf reader yaitu Adobe reader, untuk melakukan editing di perlukan Adobe reader pro dan tentunya berbayar.

3 Cara untuk mengedit file pdf : 


Cara #1 Edit pdf Secara Online

konversi pdf to word
Meng-edit file pdf secara online bisa dilakukan secara free maupun yang berbayar, cara kerja nya adalah :

1. Buka salah satu web pdf editor dibawah :
2. Upload file

3. Kita akan dihadapkan kehalaman editor nya dimana kita bisa melakukan beberapa aksi seperti menambah text, menambah gambar, menambah pola seperti lingkaran, persegi, tanda panah dll

4. Setelah kita melakukan editing, maka tinggal pilih finish

5. Aplikasi akan melakukan proses beberapa saat kemudian akan ad menu download, dimana kita bisa mendownload file yang telah diedit tersebut.


Cara #2 Edit pdf secara Offline


Langkah awal adalah download aplikasi pdf editor, banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit pdf seperti NitroPdf,  Pdf Sam, Xchange suite, Pdf escape dan kali ini kita akan menggunakan aplikasi nitro pdf.

1. Download nitro pdf, sesuaikan jenisnya dengan windows pada komputer, nitro pdf di rilis dalam dua jenis yaitu x86 dan x64

2. Instal sampai aplikasi dapat berjalan dengan normal, jangan lupa untuk mengaktivasi dengan license yang valid.

3. Jalankan software nitro pdf kemudian akan tampil halaman kerja dari nitro pdf, selayak nya sebuah aplikasi word procesor akan terdapat beberapa tab pada bagian atas dan banyak tools yang bisa digunakan untuk melakukan editing pada file pdf

4. Dengan aplikasi nitro pdf ini kita bisa melakukan modifikasi pada file pdf dengan lebih leluasa.

Mengedit file pdf secara online dan offline memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan : 


1. Edit pdf secara online membutuhkan jaringan internet sedangkan secara offline tidak

2. Edit pdf secara online semua proses dikerjakan oleh komputer server kita hanya melakukan upload file dan download file, jadi komputer kita tidak terbebani

3. Karena semua proses pada edit pdf secara offline dikerjakan pada komputer kita maka tentu kita perlu menyediakan komputer khusus untuk menginstal program, berbeda jika secara online editing bisa dilakukan dimana saja selama ada jaringan internet

4. Melakukan editing secara offline memiliki fitur yang lebih banyak ketimbang editing secara online, sehingga kita lebih leluasa melakukan editing pada file pdf.

Mengedit file pdf secara langsung baik secara online maupun offline memiliki kekurangan yaitu kita hanya bisa menambah teks atau gambar saja, Ini dikarenakan file pdf adalah file final dalam sebuah proses word processing

Sebagaimana kita singgung sebelumnya, ketika sebuah file dirubah bentuk menjadi pdf itu artinya isinya tidak bisa dihapus dan dirubah, walaupun bisa ditambah dengan aplikasi yg sudah kita bahas diatas. 

Bagaimana jika kita ingin merubah dan menghapus isi file pdf, bukan sekedar menambah?? Cara ketiga ini bisa jadi solusi.



Cara #3 Edit pdf dengan cara Convert


Mengedit file pdf dengan cara ini secara garis besar memiliki alur seperti ini : 

convert pdf, pdf to word
cara convert pdf


Aplikasi yang dibutuhkan adalah nitro pdf ditambah Microsoft word. 

Langkah kerjanya sebagai berikut:

1. Pertama, file pdf dirubah atau diconvert terlebih dahulu ke dalam format Microsoft word (.doc) atau (.docx) menggunakan nitropdf

2. Setelah file berubah ke format Microsoft word (.docx) maka file bisa dirubah secara total, bisa hapus di rubah dan ditambah kan selayaknya file word biasa

3. Setelah melakukan proses editing dan dirasa final, maka rubah kembali kedalam format (.pdf) menggunakan nitro pdf.

Dengan cara seperti ini maka memungkinkan untuk melakukan editing secara total pada file pdf, walaupun mungkin agak sedikit merepotkan tapi hasil yang didapat akan lebih maksimal.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara mudah Edit File pdf [100% Works]"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel