Laptop Rusak Sering Mati Sendiri? Cek Sebab dan Solusinya.


Laptop sering hank dan tiba tiba laptop mati sendiri?? mungkin laptop anda terlalu panas ( Over Heat ). Dalam postingan kali ini akan dibahas apa penyebab serta solusinya.

Kerusakan Laptop sering hank dan suka mati mati biasanya terjadi pada laptop yang sudah lama dipakai atau sudah berumur, gejala kerusakan nya ada banyak misalnya : laptop mati mati ketika dipakai dalam jangka waktu tertentu, atau malah laptop mati ketika beberapa saat setelah dinyalakan, ada juga laptop mati setelah beberapa waktu di hidupkan dan belum sempat loading windows, pun sering ditemukan laptop hidup sebentar lalu mati lagi tidak sempat ada tampilan dilayar.

Berikut Penyebab Laptop Sering Mati-mati dan Solusi nya :

 

Penyebab 1 # OVERHEAT


Banyak hal yang menyebabkan laptop hank dan sering mati sendiri, namun selama menekuni profesi sebagai tukang servis laptop saya paling banyak menemukan penyebab utama laptop sering hank dan mati – mati sendiri adalah OVERHEAT!!

Overheat adalah panas yang berlebihan ketika laptop bekerja, suhu panas pada laptop sebenarnya adalah hal yang wajar karena selama laptop itu bekerja menghasilkan energi panas namun tetap dalam batas yang wajar.

Panas yang dihasilkan komponen laptop ketika bekerja sudah di atur sedemikian rupa agar tetap dalam koridor yg wajar oleh sebuah sistem pendinginan yang dikenal dengan HSF ( Heat Sink Fan) yang terdiri dari plat tembaga yang menempel langsung kepada penghasil panas utama ( Processor dan VGA Chip ), kemudian sebuah fan/kipas yang berfungsi mendinginkan plat tersebut ketika panas dari Processor / VGA mengalir pada plat tembaga, antara plat tembaga dan processor ditambahkan semacam pasta untuk menyempurnakan aliran panas dari procesor ke plat tembaga tersebut.

laptop overheat, laptop hank, bersihkan kipas laptop
Kipas Laptop

Masalah akan muncul ketika laptop sudah dipakai dalam waktu yang lama, debu debu halus yang masuk terbawa aliran udara sistem pendinginan mulai menggumpal pada kisi kisi heatsink atau tempat arah keluar aliran angin sehingga tejadi penyumbatan.

Penyumbatan kisi kisi heatsink oleh debu membuat panas pada plat tidak bisa didingin kan secara maksimal oleh putaran kipas sehingga suhu panas pada processor menjadi tinggi.

laptop overheat, kipas kotor, ganti pasta
Kipas laptop kotor

Pertanyaan nya : kenapa panas berlebihan membuat laptop hank / mati???

Procesor sebagai otak pintar pada laptop sudah dilengkapi sensor temperatur yang bertugas mengontrol panas pada sistem mainboard, selain mengontrol suhu panas juga sekaligus berfungsi sebagai proteksi untuk melindungi procesor dari kerusakan akibat panas berlebihan. ini berarti jika laptop mati – mati ketika panas setelah digunakan dalam beberapa waktu maka bisa disimpulkan sistem proteksi berjalan dengan baik, jika tidak mati malah akan lebih berbahaya.

Untuk Mengatasi Laptop sering mati mati karena overheat adalah dengan cara membersihkan kipas (HSF) dan mengganti pasta pada processor nya, untuk melakukan pekerjaan ini laptop perlu dibongkar dan dikeluarkan mainboard nya, cara membongkar laptop dapat dicek pada link dibawah, jika type laptop anda belum terdaftar silahkan tinggalkan komentar untuk kita buatkan khusus.

Baca disini : Cara Bongkar Pasang Laptop


Untuk menghindari kerusakan laptop overheat seperti ini maka ada baik nya memperhatikan kondisi berikut :

  1. Hindari menggunakan laptop ditempat yang banyak debu.
  2. Jangan meletakkan laptop ditempat tempat seperti kasur , sofa karena bisa menggangu aliran udara heatsink.
  3. Tambahkan kipas tambahan pada bagian bawah laptop jika digunakan dalam jangka lama.
  4. Rutin membersihkan kisi – kisi atau ventilasi heatsink (bisa menggunakan tool dibawah ini) sebelum debu menumpuk tebal, karena kalau sudah menumpuk tidak ada solusi lain selain dibongkar laptop nya, dan disarankan hanya dilakukan oleh ahlinya.
    laptop cleaner
    Laptop Cleaning kit

    contoh cleaning tool kit banyak dijual ditoko toko komputer.

Penyebab 2 # Software


bsod, bluescreen, restart
BSOD

Software crash 

kerusakan pada software yang sedang digunakan juga bisa menyebabkan laptop mati secara tiba tiba, kerusakan seperti ini bisa dengan mudah dianalisa, coba perhatikan apakah laptop tiba tiba mati ketika menjalan kan software tertentu. jika iya, maka solusinya adalah dengan cara meng-uninstal sofware tersebut atau re-instal jika memang software tersebut diperlukan

Operating Sistem Corrupt

untuk pengguna windows sering terjadi corrupt pada sistem driver nya. untuk dapat bekerja sebuah hardware perlu diinstalkan driver nya namun ketika driver tersebut bermasalah seperti corrupt sehingga tidak bisa di load dengan sempurna juga bisa menyebabkan laptop mati mati. Solusi tuntas untuk permasalahan ini adalah melakukan instal ulang.

Virus 

virus menyebabkan banyak masalah dan bermacam gejala kerusakan pada laptop, termasuk untuk laptop yang suka mati sendiri. Solusi instal ulang adalah langkah terbaik untuk mengatasi permasalahan ini namun perlu ditambah langkah pembersihan virus  yang terdapat pada partisi tempat kita menyimpan data sebelum data kita akses seperti biasa dan tentunya memasang antivirus yang uptodate setelah melakukan instal ulang.

Baca juga : Penyebab Laptop Hank

 

Penyebab 3 # Hardware


mati total, laptop matot, vga laptop
Laptop repair
 Laptop yang suka mati sendiri atau mati mati setelah dipakai beberapa lama juga menandakan adanya komponen hardware yang bermasalah. secara umum komponen yang bermasalah adalah Mainboard.

Mainboard merupakan mesin laptop yang berbentuk papan PCB dan di papan PCB inilah letaknya inti dari suatu laptop, jika harus dilakukan pergantian mainboard laptop biaya yang dikeluarkan cukup mahal bahkan tidak jarang ketika mainboard laptop rusak banyak orang yang memilih untuk mengganti laptop saja karena harganya mahal

Namun jika anda mencari solusi murah tanpa mengganti mainboard anda bisa mencoba menghubungi tempat servis laptop  terdekat di sekitar anda, namun anda harus selektif karena salah dalam memilih tempat servis bisa berakibat fatal. jika anda berada di sekitaran pekanbaru riau anda boleh mampir di sini. Spesialis Servis Laptop Pekanbaru

Melakukan perbaikan pada level mainboard ini memang tidak bisa dilakukan secara sendiri sendiri, diperlukan alat dan keahlian khusus. Sebagai informasi untuk kerusakan laptop suka hank dan mati mati sendiri sering ditemukan pada laptop yang memiliki dedicated VGA. permasalahan pada VGA ini sudah kita bahas pada postingan yang ini :  Solusi Kerusakan VGA Laptop

Sebelum memutuskan untuk memperbaiki laptop yang mati mati ke tempat servis ada baiknya mencoba melakukan tindakan ringan berikut :

Power drain 

Power drain merupakan tindakan mengosongkan laptop dari suply listrik, sebagaimana kita ketahui laptop memiliki dua suply listrik yaitu adaptor dan baterai, jadi cobalah terlebih dahulu untuk membuka baterai dan membiarkannya untuk beberapa saat.

Tindakan ini bertujuan untuk memberikan reset total pada sistem microcontroller pada laptop, karena tidak jarang radiasi elektromegnetik menggangu sistem kerja microcontroller.

Bersihkan Memory

Walaupun permasalahan pada memory tidak memberikan efek secara langsung pada kerusakan laptop dengan gejala mati mati, namun tindakan ini tidak ada salahnya untuk dilakukan karena langkah ini bisa dilakukan semua orang. cukup dengan cara membuka penutup memory dan membersihkan pin tembaga pada memori dan bersihkan slot memory menggunakan kuas, kemudian pasang kembali.

Demikian beberapa penyebab laptop sering hank dan suka mati mati sendiri, silahkan share jika bermanfaat, jangan lupa sertakan sumber!


Belum ada Komentar untuk "Laptop Rusak Sering Mati Sendiri? Cek Sebab dan Solusinya. "

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel