cara-sambungkan-laptop-ke-tv

Menghubungkan Laptop Ke Tv,Berikut Langkah-Langkah nya!

Divrencomputer |  Meski banyak yang menolaknya karena tersedianya YouTube dan Netflix, televisi merupakan salah satu sarana informasi yang paling mudah karena tidak memerlukan terlalu banyak klik dan konten langsung tersaji di depan mata,tpi kalai ini kami akan menjelaskan cara menghubungkan laptop ke tv.

Ada lagi Smart TV, yang merupakan TV sederhana namun ringkas di dalamnya, sehingga Anda dapat berselancar dan bernavigasi seperti laptop. Banyak yang bilang dingin, tapi menurut kami itu buang-buang uang. Siapa yang butuh TV pintar jika Anda perlu menghubungkan laptop ke TV?

Secara umum, ada dua cara untuk menghubungkan laptop ke tv. Yang pertama adalah menghubungkan secara fisik menggunakan kabel (HDMI, VGA atau USB). Yang kedua adalah menghubungkan secara nirkabel menggunakan Chromecast, TV tuner, atau perangkat WiFi lainnya.

Anda ingin menghubungkan laptop anda ke televisi?,berikut kami akan membahas langkah-langkah yang mudah.

Menghubungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI

Dari segi kabel, HDMI sangat direkomendasikan untuk menghubungkan laptop ke TV.

Mengapa? Karena dengan kabel HDMI, Anda dapat menghubungkan suara dan laptop Anda langsung ke TV, hanya melalui konektor!

Mungkin salah satu alasan tidak ingin menggunakan HDMI adalah karna tidak mempunyai cukup uang untuk membelinya dengan harga sekitar 100ribu-an.Jika TV lama Anda tidak memiliki port HDMI, coba gunakan kabel VGA.

Untuk menghubungkan laptop ke TV menggunakan HDMI, Anda harus memiliki konektor HDMI di TV atau laptop Anda. Kemudian belilah kabel HDMI di toko atau toko online terdekat. Nah, khusus untuk ini kami menyarankan Anda membeli kabel medium, tidak terlalu mahal tapi juga tidak murah.

Berikut langkah-langkah untuk menghubungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI:

  • Nyalakan televisi dan laptop.
  • Sambungkan kabel HDMI ke laptop dan TV.
  • Di pengaturan TV, pilih input atau sumber ke HDMI.
  • Layar laptop secara otomatis akan muncul di televisi Anda.

Jika layar laptop masih tidak muncul di TV, masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution > pilih TV in Fall.

HOT INFO :  Cara Mendapatkan Foto Background Lock Screen Windows 10

Setelah komputer dan TV terhubung melalui HDMI, laptop Anda harus menyesuaikan pengaturan gambar ke pengaturan maksimum atau optimal yang dapat digunakan.

Jika laptop Anda tidak otomatis dikonfigurasi dengan pengaturan terbaik, Anda dapat melakukannya secara manual. Anda dapat mengklik kanan langsung pada desktop dan mengatur ukuran grafik.

 

Menghubungkan laptop ke TV dengan kabel VGA

Jika Anda memutuskan untuk menghubungkan laptop ke TV dengan kabel VGA, Anda perlu membeli kabel audio dengan colokan 3,5 mm, karena kabel VGA hanya menghubungkan gambar, bukan suara.

Jika Anda membutuhkan kabel VGA, TV Anda tidak dilengkapi dengan teknologi terbaru. Namun dalam pengalaman kami, TV layar datar dekade terakhir harus memiliki konektor HDMI. Oleh karena itu, cara ini tidak dianjurkan.

  • Nyalakan laptop dan televisi
  • Hubungkan kabel VGA ke laptop dan TV.
  • Gambar di layar laptop akan langsung muncul di TV (tidak ada suara).
  • Jika gambar tidak muncul, masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution > pilih TV in the fall.

Jika Anda juga ingin menyambungkan laptop ke TV, beli selongsong audio 3,5 mm (seperti headphone) dan sambungkan kabel ke laptop dan TV Anda. Suara akan terhubung secara otomatis.

Masalah selanjutnya, bagaimana jika TV Anda tidak memiliki selongsong audio 3,5 mm? Jadi sekali lagi, Anda harus membeli adaptor suara khusus untuk TV Anda.

Menghubungkan laptop ke TV dengan port USB

Koneksi USB dari laptop ke TV hampir tidak mungkin. Namun, banyak perusahaan membuat adaptor USB ke HDMI Out. Karena Anda akan memerlukan kabel HDMI dan perangkat lunak tambahan di laptop Anda untuk mengubah port USB ke port output video.

Cara ini sangat berguna jika laptop Anda tidak memiliki port HDMI.

Pastikan USB to HDMI Adapter kompatibel dengan laptop Anda sebelum membeli. Jika kompatibel, metode ini cukup sederhana. Cukup colokkan USB ke adaptor, colokkan ke laptop dan TV Anda, lalu jalankan perangkat lunak yang kami sebutkan sebelumnya.

HOT INFO :  Keyboard Laptop Rusak dan Cara Memperbaikinya

Saran kami, jangan gunakan cara ini kecuali Anda harus atau suka bereksperimen seperti kami.

Menghubungkan laptop ke TV menggunakan USB Flashdisk

Jika TV Anda baru, mungkin ada port USB. Tergantung pada kemampuan TV, Anda dapat menonton film / film hanya dengan menyalin file ke USB flash drive dan kemudian menghubungkan flash drive ke TV.

Jika format video didukung oleh TV (biasanya MP4), sangat mudah untuk melihat isi laptop di TV, cukup colokkan colokan, lalu pilih input USB dan klik video yang diinginkan. Aku mau melihat.

  • Pastikan format video kompatibel dengan TV Anda. Anda dapat memeriksa model TV di situs web resmi merek dan kemudian melihat spesifikasinya.
  • Nyalakan TV dan laptop.
  • Salin file video ke USB Flashdisk.
  • Hubungkan USB flash drive ke TV.
  • Pilih input USB atau sumber TV.
  • Gunakan file explorer di TV untuk memilih video.

Menghubungkan laptop Anda ke TV secara nirkabel

Cara ini bisa dibilang cukup praktis, Anda tidak perlu berurusan dengan kabel-kabel yang berantakan di rumah Anda. Namun kekurangannya adalah perangkat tambahan yang perlu dibeli cukup mahal menurut kami.

terlebih dahulu anda harus mempunyai sistem internet nirkabel di rumah. Modal pertama cukup mahal bukan? Maka Anda juga harus membeli apa yang disebut WiFi Dongle, dan produsen paling terkenal dari perangkat ini adalah Google Chromecast.

Selain itu, ada beberapa laptop yang sudah dilengkapi dengan sistem nirkabel terintegrasi yang disebut Intel Wireless Display (WiDi) dan kompatibel dengan beberapa perangkat dongle yang dijual pada umumnya. Beberapa laptop tersebut antara lain Dell Inspiron 15 7000 Series 7548, HP Spectre x360, HP 14-am505tu, dan masih banyak lagi.

Setiap perangkat ini pasti mempunyai kemampuan mirroring, sehingga layar laptop atau bahkan tablet juga bisa ditampilkan di layar TV. Cukup sambungkan perangkat ke TV dan laptop atau tablet akan secara otomatis terhubung ke TV.

HOT INFO :  Solusi Jitu Lupa Password Laptop [ Win 7/8/10 ]

Tapi sekali lagi, seperti yang kami jelaskan sebelumnya, harga yang harus Anda bayar untuk itu bisa tinggi.

jika Anda ingin melakukan streaming video Full HD 1080p, kami sarankan Anda membeli perangkat seharga 3-4 juta rupiah. Perangkat tersebut, misalnya, Maplin One untuk Semua SV1760 atau IOGear GW3DHD.

Mengubah TV Anda menjadi TV pintar dengan streamer media khusus

Streamer media khusus adalah salah satu solusi yang saat ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki TV LED dan ingin mengubahnya menjadi TV pintar. Selain praktis, menurut kami cara ini juga cukup murah, dan Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang sama seperti pengguna smart TV.

Dengan demikian, streamer media khusus dipahami sebagai perangkat yang memiliki kemampuan untuk menghubungkan TV ke Internet. Hasilnya, TV Anda dapat digunakan untuk streaming berbagai media melalui Internet.

Beberapa streamer media khusus bahkan berafiliasi dengan penyedia layanan audiovisual online seperti Netflix dan Spotify. Berkat ini, saat Anda menghubungkan perangkat ini ke TV, Anda dapat menjelajahi dunia maya secara otomatis.

Beberapa perangkat streaming media khusus yang kami rekomendasikan, seperti Google Chromecast, Apple TV, Roku Streaming Stick, di Westren Digital WDTV. Akhirnya keputusan kembali kepada Anda, apakah Anda memilih harga yang murah tapi tidak praktis? Apakah praktis tapi harganya cukup mahal? Semoga beruntung!

 

Check Also

hysis

Cara instal ASPEN ONE 7.3 ( HYSYS ) | HYSYS 10 UPDATE!

Divrencomputer | Hysys merupakan program aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat simulasi bagaimana proses terjadi pada …