contoh-search-engine-selain-google

Tidak Hanya Google Search, Ini Daftar Situs Pencarian Selain Google Yang Pernah Jaya di-masanya

Pengertian Search Engine

Divrencomputer | Situs pencarian selain google cukup banyak macam nya namun sebelum membahas itu tentu kita perlu memahami terlenih dahulu apa itu mesin pencari atau lebih dikenal dengan search engine

Search engine adalah program yang bekerja  mencari pada database di dunia maya dan mengidentifikasi informasi yang cocok dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

Database ini berisi alamat dan konten informasi pada situs tertentu di  dunia maya, search engine juga dikenal dengan istilah situs pencarian karena memang fungsi dari search engine adalah “mencari”

Setelah menerima informasi yang diminta, Search engine akan menampilkan hasilnya di halaman hasil mesin pencari dan kedepannya dalam artikel ini kita akan gunakan istilah ini untuk menyebut search engine

Halaman untuk menampilkan hasil ini adalah halaman google yang tampil setelah kita mengetikkan sesuatu keyword untuk dicari dikenal juga dengan istilah Search Engine Result Page (SERP)

Untuk mencari situs tertentu di internet didalam search engine dimasukkan keyword yang se jelas mungkin dan sedetail mungkin

Search engine terbaik ditandai dengan seberapa  relevan informasi yang ditampilkan, dan hasil yang paling relevan akan ditampilkan pada posisi teratas di halaman hasil pencarian

Sebagai program yang bekerja secara online, Search engine bekerja memerluka internet saat diakses  oleh pengguna Internet maupun saat mengumpulkan informasi tentang berbagai konten situs web di seluruh dunia sesuai kata kunci yang diberikan

Search Engine Terbaik

Coba sebutkan website search engine yang kamu ketahui?? pasti yang pertama kali akan kamu sebutkan adalah google, bukan? ya.. google search engine adalah yang paling populer saat ini tapi hal ini tidak serta merta menjadikan google sebagai sebuah search engine terbaik untuk semua orang

Banyak hal yang perlu di lihat ketika menentukan search engine terbaik, misalnya untuk regional mana?? untuk keperluan riset apa?? karena ada di beberapa negara malah google search engine diblokir tidak bisa digunakan

Akan tetapi memang benar bahwa google search engine adalah yang paling populer di dunia maya

Situs Pencarian Selain Google

Faktanya, Google selangkah lebih maju dari situs mesin pencari lainnya. Namun, tidak ada salahnya untuk mengunjungi situs mesin pencari lain yang Anda sukai.

Ada beberapa Situs Pencarian Selain Google yang bisa dikunjungi jika Anda membutuhkan informasi yang cepat. Anda dapat mengunjungi halaman ini di smartphone atau laptop Anda.

Berikut ini contoh web search engine yang dapat digunakan sebagai searc engine alternatif

  • Situs Pencarian :  Yahoo!Search

Yahoo adalah salah satu Situs Pencarian Selain Google dan sangat banyak orang yang menggunakan media tersebut. Search engine yang dikembangkan pada tahun 1995 yang berpusat tepat di Sunnyvale,California,Amerika Serikat. bersaing dengan Google pada awal tahun 2000-an.

Selain mesin pencarian kompetitif Google, Yahoo! Ada layanan lain seperti Mail,yahoo! answer,Yahoo koprol,Yahoo! Boss,mobile,Dan banyak lagi yg lainnya. Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan semua jenis informasi.

pada saat ini yahoo! memiliki sekitar 700 juta pengunjung setiap bulannya,bahkan yahoo! menyatakan setiap bulannya mereka dapat menarik pengunjung hingga setengah miliar ke situs-situs yang memiliki 30 bahasa.cukup populer bukan?

HOT INFO :  Cara instal ASPEN ONE 7.3 ( HYSYS ) | HYSYS 10 UPDATE!

Yahoo! untuk memberikan hasil pencarian pekerjaan Bing & Microsoft! Seperti yang terlihat dari persamaannya. Latar belakang mesin pencari dengan Bing selalu berubah.

  • Situs Pencarian : Search Encrypt

Sepintas, pengkodean pencarian mungkin tampak sederhana dan minimal, seperti Google. Rencana ini terbukti efektif dalam mendorong pengguna untuk melakukan pencarian.

Enkripsi pencarian dikatakan melindungi privasi dengan mencegah robot mencoba mengumpulkan informasi pribadi pengguna.

Secara khusus, enkripsi pencarian menyimpan riwayat pencarian pengguna dalam 30 menit. Riwayat pencarian akan dihapus secara otomatis ketika tanggal kedaluwarsa berakhir.

Mesin pencari ini berlokasi di Paris, Prancis. Dengan demikian, semua undang-undang privasinya lebih ketat daripada undang-undang privasi Amerika Serikat di bawah undang-undang privasi A.S.

  • Situs Pencarian : Bing

Bing adalah contoh lain dari mesin pencarian selain Google. Dalam satu halaman media pencarian ini dapat menyediakan berbagai informasi yang bisa anda lihat. seperti gambar, video, atau berita yang terkait seperti kata kunci yang Anda cari.

Bing mempunyai halaman awal yang serupa seperti yahoo! dengan latar belakang non-statis.Sebab Bing bekerja sama dengan Microsoft, Anda bisa mendapatkan menu di halaman beranda untuk mengakses program Microsoft seperti MSN, Outlook, dan seperti program Microsoft Office.

  • Search engine : Ekoru

Ekoru adalah sistem pencarian amal lainnya yang bertujuan untuk membersihkan puing-puing laut. Tujuan dari mesin pencari ini adalah untuk memberi tahu dunia tentang kerusakan yang terjadi pada lautan dan sistem laut kita.

Dengan Ekoru, setiap ekspedisi berkontribusi pada Operasi Poseidon dan mengumpulkan dana untuk membersihkan Great Blue Ocean. Selain itu, semua pelanggan bekerja dengan tenaga air, kata Ekoru.

  • Search engine Gibiru

Seperti DuckDuckGo, Gibiru juga termasuk salah satu aplikasi mesin pencari.Gibiru berkomitmen untuk menjaga keamanan informasi Anda. Loyalitas ini terlihat dari beberapa informasi yang dipublikasikan Gibiru di website utamanya.

  • Search engine Swisscows

Sebagai Aplikasi mesin pencari untuk Swisscows.com, selain melindungi keamanan informasi dan privasi pengguna, Swiss juga memberlakukan sensor konten yang ketat di situs webnya, sehingga aman bagi keluarga.

Sama seperti google, Swiss menampilkan hasil pencarian berdasarkan informasi umum, gambar, video, musik, dan terjemahan.

Selain itu, mesin pencari yang menyimpan informasi di Swiss ini juga menyediakan Swisskovs Digest, yang dapat mengekstrak informasi dari sebuah artikel atau artikel dan mengklasifikasikannya menjadi kata kunci dan paragraf penting.

Bahkan, fitur ini dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menganalisis konten.

  • Search engine DogPile

Pada Oktober 2019, itu 38.215, yang berarti Anda tidak dapat lagi mempercayai file doggy. Alasan: Hasil pencarian anjing merupakan gabungan dari beberapa mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Yandex, dan MSN.

Meski, terlihat agak sedikit jadul,tapi Dogpil mengatakan mereka dapat menampilkan hasil pencarian 50% lebih banyak dibandingkan mesin pencari lainnya.

  • Search engine Baidu

Baidu,Aplikasi mesin pencari yang paling banyak digunakan di Internet saat ini, sering disebut sebagai “Google China”. Pasalnya, pada 2018, Baidu menguasai lebih dari separuh pasar China.

Pengguna Panda di negara selain Baidu menggunakan Bilibili sebagai aplikasi berbagi video, bukan YouTube. Anda juga dapat menggunakan mesin pencarian ini untuk belajar bahasa Cina, karena setiap halaman pencarian Baidu menggunakan simbol Han (angsa).

HOT INFO :  Cara Instal Net Framework 3.5 Offline Win 7/8/10

Tidak seperti Google, pengguna Hibiru mengakui bahwa mereka menerima komisi ketika mereka melakukan pembelian melalui situs web yang dicari Hibiru dan mereka tidak berdagang untuk mendapatkan keuntungan.

  • Search engine StartPage

Karena Startpage percaya bahwa informasi pribadi tidak boleh disimpan dalam data besar, Halaman Awal memastikan bahwa informasi yang kami tampilkan di Aplikasi mesin pencari tidak diterima.

Mesin pencarian ini membeli fungsi pencarian yang disediakan oleh Google dan menggunakan objeknya untuk menghapus iklan hasil personalisasi yang biasanya digunakan Google.

Akibatnya, StartPage memberikan banyak tekanan pada penggunanya, mendorong mereka untuk mencari tanpa takut ketahuan, dengan mengatakan, “Kami membutuhkan tarian Anda, agar terlihat seperti tidak ada yang menonton.”

  • Search engine Listen Notes

search engine selain google selanjutnya adalah Listen Notes Podcast atau siaran adalah format konten yang sangat populer saat ini.

Namun, Google tidak memiliki kemampuan untuk memfilter hasil pencarian dalam format podcast.

Listening notes adalah mesin pencarian khusus untuk hasil pencarian berupa podcast atau siaran. Jika Anda ingin menemukan saran podcast dengan mudah dan sederhana, cobalah mendengarkan rekaman.

  • Search engine Qwant

Situs pencarian selain google selanjutnya adalah Quantum, merupakan aplikasi  pencarian alternatif yang menghormati privasi pengguna.Aplikasi Mesin pencari ini mengintegrasikan hasil pencarian Bing dengan indeks halaman web untuk mencegah gelembung filter atau area pencarian yang diblokir.

  • Search engine DuckDuckGo

Duck Duck Go adalah Aplikasi mesin pencari yang aman dan sederhana yang dapat Anda gunakan selain Google. Berdasarkan tagline “Privacy Simplified”.

DuckDuckGo menjamin privasi informasi yang Anda berikan saat melakukan pencarian sehingga pengiklan tidak menemukan hasil pencarian Anda.

Pencarian harian DuckDuckGo pada tahun 2008 sampai dengan 2019 dapat mencapai 79.000 hingga 31 miliar.Duckduckgo juga di lengkapi dengan fitur nonaktifkan iklan.

Oleh karena itu, setiap kata kunci yang Anda cari akan kembali ke hasil yang populer dan dibagikan situs ini salah satu yang populer sebagai aternatif search engine selain google

  • Search engine Givewater

Give Water merupakan salah satu Aplikasi mesin pencari sangat unik,mesin ini memiliki kemampuan menggalang dana untuk menyediakan air bersih ke daerah-daerah yang membutuhkan.

Anda telah berkontribusi untuk memiliki air bersih bagi mereka yang membutuhkan dengan menggunakan giveWater dan mengklik iklan di mesin pencari ini.

  • Search engine OneSearch

OneSearch adalah mesin pencari baru yang dimiliki oleh Verizon, penyedia jaringan terbesar di Meski kelihatannyaAmerika Serikat. Verizon mengatakan ada enam prinsip saat membuat OneSearch:

  • Tidak ada cookie
  • Tidak ada pelacakan pengguna
  • Riwayat pencarian tidak disimpan
  • Hasil pencarian tanpa filter
  • Hubungkan konektor dengan aman
  • Cari penyandian kata kunci

Walaupun OneSearch merupakan sebuah mesin pencarian yang indenpenden , hasil pencariannya berasal dari Bing. Namun, OneSearch menyediakan lapisan privasi tambahan sehingga informasi pribadi Anda tidak dibagikan dengan pihak ketiga.

  • Search engine Yandex

Yandex adalah contoh Aplikasi mesin pencari 1997 di Rusia. Sebaliknya, Yandex menyediakan fitur yang dapat digunakan Google untuk membantu pengguna merampingkan bisnis mereka secara online dan offline dengan lebih baik.

Tidak hanya sebagai mesin pencarian, Yandex ini menampilkan halaman depan mesin pencaran seperti gambar, video, email, peta, konverter metrik aplikasi dan Google Analytics.

  • Search engine Unsplash

Tidak seperti Aplikasi mesin pencari lainnya, Unsplash hanya dapat digunakan untuk mencari gambar dan gambar. Mesin pencari ini sering digunakan oleh blogger, penulis atau pembuat konten untuk memperkaya konten mereka dengan gambar dan aset visual.

HOT INFO :  Download Video TIKTOK Tanpa Watermark, Begini Caranya!

Sebagai salah satu search engine selain google maka hasil pencariannya Tidak seperti Gambar Google, Anda dapat menggunakan semua gambar di Unsplash secara gratis tanpa mengkhawatirkan hak cipta atau hak cipta.

  • Search engine Slideshare

Slide adalah Aplikasi mesin pencari khusus untuk file dengan presentasi atau template slide. Anda dapat menemukan ribuan presentasi tentang topik apa pun yang Anda inginkan.

Aplikasi Mesin pencari ini sangat berguna bagi mahasiswa yang ingin mencari referensi atau khususnya bagi yang ingin mempelajari ilmu baru di bidang bisnis. Ada juga integrasi khusus dengan Slideshare.

  • Search engine Creative Common Search

Creative Commons Search juga menawarkan mesin pencarian gambar gratis tanpa mengkhawatirkan status kepengarangan atau kepengarangan. Mesin pencari ini mungkin menjadi alternatif yang menarik untuk Gambar Google.

Gambar yang ditemukan di Penelusuran Gambar Google menempatkan masalah hak cipta dalam risiko. Oleh karena itu, Creative General Search adalah solusi hebat untuk menemukan gambar yang dapat Anda gunakan dan edit sesuai kebutuhan.

  • Search engine Wiki

Wiki adalah mesin pencarian yang menampilkan hasil pencarian di Wikipedia dan ensiklopedia lain dan di situs mirip wiki. Jika Anda suka membaca konten yang dibuat oleh satu komunitas, wiki yang relevan akan mencoba.

sebagai  salah satu search engine selain google wiki merupakan salah satu Aplikasi yang berbasiskan wiki dan wiki pada saat ini termasuk situs yang populer.wiki juga memperbolehkan penggunanya untuk menambahkan atau menyunting situs tersebut.

  • Search engine Ask

Jangan salah tentang Ask.fm,  Ask.fm sekarang memiliki Ask.com tetapi kedua situs web tersebut sangat berbeda. Jika Ask.com memiliki mesin pencarian, berbeda dengan Ask.fm yang mirip dengan media sosial.

Ada dua hasil pencarian berbeda yang dapat ditemukan melalui Ask.com – informasi umum (jawaban) atau video. Sayangnya, meski tidak setenar Google, Ask.com mengisi homepage-nya dengan iklan online.

Ada dua hasil pencarian berbeda yang dapat ditemukan melalui Ask.com – informasi umum (jawaban) atau video. Sayangnya, meski tidak setenar Google, Ask.com mengisi homepage-nya dengan iklan online.

Situs Pencarian Selain Google diatas bisa anda coba satu persatu dan mungkin jika ada yang lebih cocok bisa digunakan sebagai search engine alternatif saat bosan dengan google. 🙂

 

Check Also

internet information services

Internet Information Services, missing?? Ini cara Aktifkannya

Divrencomputer – Internet Information Services adalah sebuah web server yang ditanam dalam OS windows untuk …