tips memilih STB

Cara Memilih Set Top Box [ STB ] Terbaik untuk Siaran TV Digital

Divrencomputer | Penghentian siaran TV analog dan beralih ke siaran TV digital hanya dalam hitungan hari, terutama untuk area yang masuk Tahap awal  Analog Switch Off (ASO). Untuk Perbedaan antara siaran Tv digital dan analog sudah dibahas di artikel ini.

Selasa, 17 Agustus 2021, enam daerah transmisi di Indonesia yaitu Aceh-1 (Kabupaten Aceh Besar, Kota Banda Aceh), Kepulauan Riau-1 (Kab.Bintan, Kab.Karimun, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang), Banten- 1 (Pemerintah Serang, Kota Chilegon, Kota Serang), Kalimantan Timur-1 (Pemerintah Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Bontang), Kalimantan Utara-1 (kabupaten Bulungan, Kota Tarakan) dan Kalimantan Utara -3 (kabupaten Nunukan) Sudah tidak dilanjutkan.

Selain itu, siaran televisi yang biasanya diterima oleh masyarakat dialihkan sistem nya sistem ke siaran televisi digital. “Masyarakat harus mulai memeriksa televisi mereka sekarang, apakah televisi mereka siap menerima siaran digital atau tidak. Ketika sudah siap, transmisi akan diterima secara otomatis.

“Kalau belum siap go digital, tinggal beli set-top box (STB). STB adalah sejenis konverter. Setelah STB terpasang di televisi kita, langsung kita terima siaran digitalnya,” kata Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Prof Ahmad M. Ramli dalam dialog interaktif di saluran TV.

HOT INFO :  Ini Perbedaan Siaran TV Digital dan TV Analog

 

 

set top box
STB Tv digital

Tips Cara Memilih Set Top Box

STB sudah tersedia di pasaran, baik di toko offline maupun online. Lalu bagaimana cara menentukan STB yang benar? General Manager bussiness Development Polytron, Joegianto yang juga mewakili Gabungan Pengusaha Elektronik Indonesia (Gabel) memberikan sarannya. “Kalau belanja di online marketplace, pas masuk tinggal pilih ada sertifikasi dari Kominfo atau tidak,” ujarnya.

Sertifikasi Kominfo merupakan bentuk jaminan bahwa STB dapat digunakan. Semua fungsi dalam siaran digital dapat bekerja dengan maksimal. Direktur Penyiaran, Ditjen PPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Geryantika Kurnia dalam sosialisasi online televisi digital, menegaskan: “Pilihlah STB yang bertuliskan DVB-T2. Pada kemasan atau cari saja kata Digital Ready. Tanda digital siap. Yang paling mudah. Kalau sekarang ada tambahan gambar MODI juga. Kalau ditulis pasti aman,” ujarnya.

 

Merek STB yang sudah disertifikasi KominFo

Merek STB berikut disertifikasi oleh Kominfo untuk informasi lebih lanjut. Nexmedia (NA1300 / DVB-T2 MPEG4 HD), Polytron (PDV 600T2), Ichiko (8000HD), Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210), Venus (Brio), Tanaka (T2), Matrix (Apple ), Evercoss (STB1). Ketersediaan STB dijamin.

HOT INFO :  Cara Tangkap Siaran TV Digital di Rumah

Jika memilih merek sendiri maka Untuk memilih STB yang baik dapat merujuk ke Cara Memilih Set Top Box diatas, disesuaikan dengan merek yang akan dibeli

Joegianto menyatakan komitmen pengusaha barang elektronik untuk mendukung ketersediaan STB dan televisi digital untuk Indonesia. “Gabel, kami sudah memberikan komitmen maksimal. Kami menyediakan STB secara merata sesuai kebutuhan. Bisa ke toko offline atau online,” ujarnya dalam webinar sosialisasi TV digital di Kaltim (23/7/2021).

Informasi STB bersertifikat tersedia di aplikasi SIRANI (tersedia di Android dan iOS) atau di www.siarandigital.kominfo.go.id. Sertifikasi merupakan upaya untuk melindungi pemerintah dari masyarakat. Hal lain yang perlu diketahui orang adalah bahwa menonton acara TV digital itu gratis karena bukan tentang streaming internet atau TV berlangganan. (Tim Humas TV Digital, Kemenkominfo/Elvira)

Check Also

migrasi siaran tv digital

Cara Migrasi TV Biasa Menjadi TV Digital dari Tanpa Ganti TV

Divrencomputer.com |  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara bertahap akan menghapus televisi analog (Analog Switch …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *