ruang guru

Dapat kucuran dana Rp801 Miliar, untuk perkuat Skill Academy hingga Robo AI

Divrencomputer | Perusahaan Ruang Guru mengumumkan baru saja mendapatkan kucuran dana sebesar US$55 juta atau sama dengan Rp801 miliar (kurs Rp14.566).

Permodalan untuk startup edutech paling besar di Asia Tenggara itu dipegang oleh Tiger Global Manajemen susul permodalan awalnya sebesar USD 150 juta yang dipegang oleh General Atlantic dan GGV Capital pada Desember 2019.

Dengan tambahan dana ini, perusahaan yang dibangun bekas stafsus milenial Presiden Joko Widodo, Belva Devara itu akan memakai untuk percepat pengembangan usaha di Indonesia, Vietnam dan Thailand. Khususnya pada fragmen K-12 dan evaluasi sepanjang umur.

GGV Capital yang awalnya pimpin seri C, berperan serta dalam perputaran permodalan bersama dengan Tiger Global.

Investor awalnya Ruangguru sendiri ialah East Ventures, Venturra Capital, dan UOB Venture Manajemen.

Saat itu, pada 2020, bersamaan kenaikan kegiatan belajar dari rumah, Ruangguru sudah layani lebih dari 22 juta pemakai di semua negara.

Keadaan yang membuat startup ini sukses mencatatkan keuntungan untuk pertama kali.

Pada tahun kemarin, perusahaan ini sudah meluaskan pasar ke Thailand dengan mengeluarkan StartDee. Perusahaan ini memperkenalkan Roboguru, pemecah tugas rumah memiliki tenaga AI untuk memberikan fasilitas pelajar dalam pahami latihan yang susah.

Yang lain, perseroan meningkatkan Kemampuan Academy dengan layani lebih dari tiga juta pemakai walau baru berusia satu tahun.

“Kami benar-benar suka bisa berpartner sama mereka karena mereka terus bereksperimen jalan keluar untuk pasar ini dan lebih memajukan pengajaran berkualitas tinggi untuk siswa dari semua umur, “kata Evan Feinberg, Partner, Management Global Tiger seperti di-launching website Ruangguru, ini hari, Senin (19/4/2021).

Saat itu, Belva Devara, Co-founder dan Chief Executive Officer Ruangguru mengatakan faksinya benar-benar suka bisa berpartner dengan Tiger Global dan mendapatkan support terus-menerus dari GGV Capital.

“Ke-2 nya perusahaan global yang dikenal banyak  investasi di sejumlah perusahaan tehnologi pengajaran terbaik secara global. Kami share misi yang serupa mengenai dunia dengan akses ke pengajaran berkualitas untuk semua. Ruangguru terus alami pelintasan perkembangan yang kuat di tahun kemarin dan investasi ini akan menolong kami meningkatkan usaha lebih jauh dan memberinya imbas yang memiliki arti dalam pengajaran, lewat tehnologi,” ucapnya.

Tiger Global ialah perusahaan  investasi yang fokus pada perusahaan swasta dan khalayak di industri internet, piranti lunak, customer dan pembayaran global. Perusahaan ekuitas swasta ini dikeluarkan pada 2003 dan sudah melakukan investasi di beberapa ratus perusahaan di lebih dari 30 negara, dalam semua tahapan permodalan.

Saat itu GGV Capital ialah perusahaan ventura global yang mengurus US$9,2 miliar dengan investasi di Amerika Serikat, Kanada, Cina, Asia Tenggara, India, Amerika Latin, dan Israel. Sepanjang dua dasawarsa paling akhir, perusahaan sudah memberikan dukungan lebih dari 400 startup di penjuru dunia, terhitung Affirm, Airbnb, Alibaba, Big Commerce, Boss Zhipin, Grab, HashiCorp, Hello, JD MRO, Keep, Kujiale, Manbang, NIU, Opendoor Technologies , Peloton, Poshmark, Qunar / Ctrip, Slack, Square, StokX, Udaan, Wish, Xpeng, Zendesk, sampai Zuoyebang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *