mode pesawat

Ini Alasan kenapa HP dan Laptop Harus Dimatikan di Pesawat

DivrenComputer | Pelarangan  untuk mengaktifkan handphone di pesawat terbang wajib disampaikan setiap kali pesawat lepas landas. Awak pesawat juga bolak-balik di lorong pesawat untuk memastikan ponsel mati atau menonaktifkan jaringan yang ada di ponsel.

Selain ponsel, ada beberapa perangkat yang memiliki Wifi seperti laptop, juga dimatikan selama penerbangan. Perangkat hanya bisa diijinkan untuk digunakan tanpa koneksi internet.

Para ahli meneliti dan  menemukan bahwa emisi elektromagnetik dari perangkat elektronik pribadi dapat mengganggu sistem pesawat. Terutama yang berada dalam rentang frekuensi 800-900 MHz dapat mengganggu kinerja perangkat elektronik yang ada di kabin pilot.

Misalnya, ponsel (2G) diketahui mengganggu sistem elektronik lainnya. Pemilik ponsel jenis ini perlu mewaspadai dengungan stereo atau speaker saat dipakai. Bayangkan bahwa sistem navigasi yang sensitif akan terganggu oleh signal signal semacam ini.

Gangguan akan lebih terasa dampaknya  terutama pada pesawat yang sudah berumur. sedangkan pada Pesawat baru sudah dirancang untuk menangani gangguan perangkat elektronik yang dibawa oleh penumpang.

Ketika kita melakukan panggilan telepon maka perangkat handphone akan  mencari tower jaringan terdekat yang akan menghubungkan antara pemanggil dan penerima. Setiap tower akan melayani area (“sel”) yang dapat berada dalam radius hingga 50 mil dari lokasi yang  datar atau kurang dari radius satu mil di daerah perbukitan atau daerah perkotaan yang padat.

HOT INFO :  Laptop Tidak Bisa WIFI?? Lakukan Cara Ini, 100 % Works!!

Ketika suatu proses berpindah dari satu sel ke sel lainnya, misalnya selama perjalanan, panggilan telepon seluler ditransfer dari satu tower ke tower lainnya.

Proses perpindahan ini membutuh kerja keras pada perangkat sistem jaringan seluler agar perpindahan nya tidak menyebabkan gangguan kualitas jaringan pada masing masing perangkat yang sedang berkomunikasi

Pesawat terbang adalah pesawat yang sangat kompleks yang penuh dengan elektronik dan sistem yang diperlukan untuk melakukan penerbangan. Karena kerumitannya, tidak mungkin untuk menguji keamanan sistem dalam penggunaan terus menerus.

Solusinya adalah membuat sistem penting dari pabrikan pesawat tidak terlalu rentan terhadap gangguan listrik. Selain itu, fitur mode pesawat pada smartphone juga bisa menjadi solusi untuk meningkatkan keselamatan penerbangan dari gangguan perangkat pribadi semacam ini.

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, ponsel Anda akan dimatikan sehingga tidak dapat membuat atau mengirim pesan teks. Ini juga mematikan WiFi dan Bluetooth, tetapi keduanya dapat diaktifkan kembali dan digunakan di pesawat.

Walaupun ada penelitian yang mengatakan bahwa gangguan yang ditimbulkan oleh perangkat perangkat elektroik yang dibawa penumpang tidak terlalu mengkhawatirkan gangguannya pada perangkat komunikasi diudara, dan sistem komunikasi pesawat yang sudah canggih mampu memfilter itu.

HOT INFO :  Laptop Tidak Bisa WIFI?? Lakukan Cara Ini, 100 % Works!!

Akan tetapi untuk meningkatkan keamanan selama penerbangan maka pengguaan handphone selama penerbangan tetap dilarang

Semua aturan penerbangan di dunia hingga saat ini masih memperbolehkan penumpang untuk sesekali mengeluarkan ponselnya.  meskipun ada ditemukan satu atau dua pangilan telepon selama penerbangan

FAA bahkan menyarankan awak pesawat untuk mematikan ponsel mereka saat lepas landas dan mendarat setelah insiden di awal 2009. Pada saat itu, Nada Dering Petugas mungkin terganggu saat lepas landas. Petunjuk pengoperasian umum melarang kru menggunakan ponsel.

Meskipun komunikasi melalui ponsel tidak diperbolehkan, banyak maskapai penerbangan sudah menawarkan layanan WiFi kepada penumpangnya.

Misalnya, Virgin American menggunakan bagian khusus dari spektrum elektromagnetik yang disediakan untuk komunikasi udara-darat.

Check Also

laptop tidak bisa wifi

Laptop Tidak Bisa WIFI?? Lakukan Cara Ini, 100 % Works!!

DivrenComputer – Dijaman serba online ini WIFI itu sudah jadi kebutuhan pokok, setuju atau tidak? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *