spam email

Cara Mencegah Spam Masuk ke Alamat E mail

5 Cara Mencegah Spam Menyerang  Email

Divrencomputer | Tidak ada cara yang sempurna  sepenuhnya untuk menghilangkan spam kecuali memutuskan sambungan Internet.  🙂

Cara terbaik yang dapat lakukan adalah melakukan penyaringan email masuk  secara ketat, tetapi  jika itu dilakukan akan memiliki beberapa konsekuensi yang kurang baik.

Aplikasi Email Client (program lokal atau layanan berbasis cloud yang digunakan untuk mengakses dan mengirim email) hampir pasti akan menyaring spam dan memindahkan pesan mencurigakan ke folder lain, tapi itu tidak begitu efektif.

Beberapa spam bisa lolos dari filter dan akhirnya tetap masuk ke folder inbox, dan terkadang beberapa pesan yg bukan spam pun ikut ter-filter kasus ini  yang disebut false positive, sehingga pesan yahng seharusnya masuk ke inbox dimasukkan ke folder spam

Kesalahan ini tidak dapat sepenuhnya dihilangkan, tetapi dapat dikurangi dengancara berikut :

Baca Juga :  Spam Konten Tidak Senonoh di Facebook, Segera Amankan Akun anda!

1. Sempurnakan pengaturan filter nya

Jika menemukan spam di kotak masuk , jangan cuma  menghapusnya. Pilih dan beri tahu email client bahwa pesan tersebut adalah spam.

Bagaimana melakukan ny?? ini tergantung pada aplikasi email client yang digunakan

Misalnya:  jika menggunakan situs web Gmail, buka email tersebut kemudianl  klik tombol menu yang terdapat pada sisi kanan berupa tiga titik kemudian “laporkan spam”

 

Folder Spam juga perlu dilakukan pengecekan secara berkala untuk menghindari terjdinya posisitve false,

Mungkin anda sedang menunggu nunggu sebuah email tetapi tidak kunjung datang?? maka coba cek folder spam terkadang juga sering ditemukan email email penting dimasukkan ke dalam folder spam. Buka folder spam jika ditemukan email penting disana maka tinggal di klik menu “bukan spam”

jika hal ini sering kita lakukan maka kemampuan filter akan menjadi semakin lebih baik

 

2. Jangan balas spam

Jika sudah dipastikan sebuah email adalah spam sebelum membukanya, maka jangan dibuka. Namun jika baru menyadari ia adalah spam setelah membukanya, tutuplah. Jangan mengklik tautan atau tombol atau mengunduh file dari pesan yang diduga spam meskipun dari jarak jauh.

Baca Juga :  Spam Konten Tidak Senonoh di Facebook, Segera Amankan Akun anda!

Jika sudah terlanjur membuka spam karena sepertinya dikirim oleh teman yang dikenal , maka harap segera lakukan tinfdakan pengamanan seperti mengganti password dan lain sebagainya.

 

3. Sembunyikan alamat email

Semakin banyak orang yang memiliki alamat email anda, maka akan semakin banyak kemungkinan spam yang akan diterima. Jadi, sebaiknya jaga alamat email bahkan mungkin dia menjadi rahasia yang hanya boleh dibagi ke pada orang orang yang memang harus tahu.

Harap jangan mempublikasikan di web kecuali benar-benar diperlukan, atau buatlah dua alamat email yang berbeda penggunaan nya, satu untuk umum satunya lagi sebagai email pribadi jangan digabung.

4. Gunakan filter anti-spam pihak ketiga

Sebagian besar sistem kemanan bawaan OS  dilengkapi dengan filter anti-spam , tetapi hanya bersifat lokal. Artinya, ini berfungsi di program Outlook di Office saja, tetapi tidak di aplikasi online nya Outlook.com.

Baca Juga :  Spam Konten Tidak Senonoh di Facebook, Segera Amankan Akun anda!

AV-Comparatives telah menerbitkan laporan pengujian anti-spam untuk melihat cara kerja alat ini. ESET Smart Security 9 mencetak skor tertinggi dalam menangkap spam dan berintegrasi dengan Outlook. bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih aplikasi yang akan digunakan

atau bisa juga menggunakan aplikasi aplikasi kemanan pilihan masing masing, yang terpenting perkuat filter spam dengan aplikasi tambahan

 

5. Ganti Alamat Email

Ini adalah opsi yang paling terakhir, ketika alamat email sudah terlanjur tersebar di publik dan email selalu dipenuhi oleh email spam, maka mengganti alamat email adalah solusi terakhir yang dapat dilakukan.

Tentu saja, perlu memberi tahu kontak yang anda kira penting  tentang perubahan tersebut, dan mungkin perlu menyimpan kedua alamat tersebut selama beberapa bulan sampai semua kontak benar benar sudah fix.

Namun, jika memang sudah tidak diperlukan sebaiknya hapus alamat email lama agar terhindar dari email spam yantg mengganggu dan jangan lakukan kesalahan yang sama lagi, semoga bermanfaat!

About Dije

Something different

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *