Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi baterai CMOS pada laptop

Baterai CMOS adalah sebuah baterai Li-Thium berbetuk pipih umumnya bertype CR2302 memiliki tegangan 3 volt yang terletak pada mainboard komputer, baterai ini dapat ditemukan pada setiap jenis komputer baik PC desktop maupun laptop.

Baterai CMOS memegang peranan penting untuk menjaga data yang ada pada bios agar tidak berubah ketika sumber daya utama pada laptop dilepaskan, sebagaimana kita ketahui laptop memiliki dua sumber daya yaitu baterai dan charger.

Data BIOS berisi pengaturan dasar atau konfigurasi dasar dari laptop kita, disana tersimpan pengaturan tentang waktu baik berupa tanggal dan jam, pengaturan booting option  pengaturan password dan berbagai pengaturan dasar lainnya.

Melihat penting nya peranan bios maka perlu bagi kita untuk menjaga agar baterai selalu dalam kondisi prima.

Beberapa hal yang bisa terjadi ketika baterai CMOS habis atau pun soak :


  1. Waktu tidak akurat

    Baterai CMOS yang sudah habis akan mengakibatkan waktu dan tanggal pada laptop menjadi tidak akurat, ini dikarenakan semua informasi tentang waktu dan tanggal tersimpan pada chip BIOS tersebut

  2. Gagal Booting / OS tidak terbaca

    Pada laptop yang terbaru sudah menggunakan dua model interface yaitu UEFI dan Legacy. laptop bisa jadi gagal booting jika salah dalam mengatur atau mengkonfigurasi settingan ini, pesan error yang sering muncul adalah "operating system not found"

    Kemungkinan kesalahan yang bisa terjadi adalah sebegai berikut : "ketika sebuah laptop memiliki konfigurasi default pada posisi UEFI tetapi dalam proses instalasi, system yang dipakai adalah Legacy. Otomatis harddisk harus diformat dalam bentuk Legacy. nah, ketika baterai CMOS habis maka pengaturan akan kembali ke default sehingga harddisk yang terinstal dalam bentuk system legacy menjadi tidak dikenali oleh system BIOS dan menyebabkan error "operating system not found"

    Operating system not found

  3. Tidak bisa akses internet

    Seperti penjelasan pada poin 1, baterai CMOS yang habis menyebabkan waktu dan tanggal tidak akurat, maka ini adalah efek lanjutan dari tidak akuratnya waktu dan tanggal tersebut

    Jika Waktu dan tanggal tidak akurat maka ketika mengakses internet akan muncul error "certificate not valid" dan semua akses ke internet tidak aktif, hal ini dikarenakan tidak matching nya zona waktu yang ada di internet dengan laptop kita.


    certificate not valid

  4. Error ketika Booting

    Pada beberapa type laptop akan muncul tampilan error pada saat laptop dinyalakan, sehingga kita perlu menekan keyboard ENTER untuk mengkonfirmasi setiap laptop dinyalakan, kondisi ini sering terdapat pada laptop HP, DELL dsbg.
Demikian beberapa kemungkinan permasalahan yang akan muncul ketika baterai CMOS habis / soak. Walaupun pada kondisi normal baterai tersebut akan selalu di isi ulang (charging) oleh system motherboard, tetapi pada kondisi dan waktu tertentu Cell baterai tersebut juga bisa tidak menyimpan arus lagi.

Solusi yang bisa dilakukan dalam menangani permasalahan baterai CMOS ini adalah dengan mengganti nya, cara mengganti baterai CMOS pada kebanyakan laptop harus dibongkar terlebih dahulu laptop nya karena letak nya di bagian dalam mainboard.

Posting Komentar untuk "Fungsi baterai CMOS pada laptop"