Tips Cara Menyolder Agar Hasil Bersih dan Rapi

Solder menjadi alat kerja utama seorang teknisi yang bekerja memperbaiki perangkat elektronik. Memiliki kemampuan menyolder dengan baik menjadi suatu keharusan agar pekerjaan yang dilakukan bisa berhasil dengan sempurna.

Cara menyolder itu kelihatannya mudah memang, tinggal panaskan solder tempelkan pada kaki Komponen sambil di kasih timah, tapi setelah anda mencoba untuk pertama kali percayalah itu bukan hal yang mudah.

Belajar cara menyolder yang rapi dan bersih harus dijadikan pelajaran yang paling dasar dan merupakan kemampuan dasar sebelum belajar menganalisa kerusakan.

cara menyolder
Solder

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil solderan bersih dan rapi :

 

1. Kualitas Solder 

Solder yang digunakan harus memiliki spesifikasi sesuai dengan apa yang akan disolder, solder dijual dipasaran dengan banyak merek mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal, maka dari itu kualitas solder yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan dikerjakan.

Sebagai contoh : untuk pekerjaan servis laptop tidak akan bisa dipakai solder yang seharga 30rbuan karena timah yang akan di solder merupakan jenis leadfree yang titik didihnya tinggi.
Maka pilihlah solder yg bagus atau biasa disebut dengan solder station yang panas nya bisa di setting sesuai kebutuhan.

2. Kualitas Mata Solder

Solder yang bagus matanya bisa di ganti ganti, dan banyak jenis nya tapi yang umum digunakan adalah model runcing dan model pipih seperti mata pisau.

Dari segi kualitas juga harus menggunakan bahan yang bagus dan tahan lama, karena jika menggunakan mata solder yang murah biasanya cepat rusak dan kemampuannya menghantarkan panas tidak bagus sehingga berpengaruh besar kepada hasil solderan.

Sebagus apapun solder yang digunakan jika memakai mata solder yang jelek hasil solderan tidak akan rapi.

3. Gunakan Flux

Flux merupakan sejenis pasta yang dibuat untuk membantu mempercepat proses menyolder dan membuat hasil solder lebih rapi.

flux solder, flux kingbo, flux bga
Flux kingbo
 
Flux dapat menurunkan titik didih timah sehingga timah lebih cepat mencair, untuk menyolder pada kaki kaki yang rapat maka dengan menggunakan flux timah tidak akan menyatu satu sama lainnya

Penggunaan flux ini juga untuk melindungi komponen dari panas berlebihan dan melindungi PCB dari efek terbakar (gosong), untuk hasil yang lebih bagus gunakan flux yang bagus jangan asal flux.

4. Perhatikan Suhu Yang Digunakan

Jika kita menggunakan solder yang suhu nya bisa diatur maka perlu untuk menentukan seberapa besar suhu atau seberapa panas solder tersebut.

Jika kita bekerja dengan timah leadfree maka timah akan meleleh di 217 Celsius, sedangkan untuk timah leaded di 183 Celsius.

Untuk pemakaian awal maka perlu dilakukan kalibrasi dengan menggunakan pengukur suhu, namun jika tidak memiliki alatnya maka bisa dengan cara manual memutar potensio pengatur panas secara perlahan sampai ditemukan dimana timah bisa meleleh.

Penting untuk memperhatikan berapa suhu yang digunakan karena jika terlalu tinggi  bisa merusak komponen yang akan disolder, namun jika terlalu rendah sering membuat jalur pada pcb tercabut.

5. Bersihkan Mata Solder Secara Berkala.

Setelah dipakai dalam beberapa lama maka akan terdapat lapisan lapisan kotoran yang menempel pada mata solder, bersihkan mata solder dengan permbersih berupa kawat atau sponge yang biasa nya banyak dijual di toko sparepart.

6. Selalu Cek Ulang Hasil Solderan

Melakukan pengecekan ulang hasil solderan harus dilakukan karena tidak jarang timah menempel ke kaki sebelah komponen hal ini terutama sering terjadi pada komponen yang miliki kaki yang rapat, jika perlu gunakan kaca pembesar untuk melihat lebih detail.

hasil solderan rapi
Hasil Solderan rapi
 Kegagalan dalam melakukan servis laptop tidak jarang disebabkan oleh kurang rapi dan teliti nya hasil solderan. 



Belum ada Komentar untuk "Tips Cara Menyolder Agar Hasil Bersih dan Rapi"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel