Servis Acer 4736 bluescreen

acer 4736 hank, acer 4736 bluescreen
Acer 4736

Acer 4736 laptop yang cukup banyak beredar dan masih banyak dipakai di masyarakat, laptop dengan procesor core 2 duo ini termasuk type laptop yang laris dijaman nya.

Kerusakan yang sering muncul pada laptop Acer 4736 ini adalah tidak bisa masuk windows, tidak loading windows, bluescreen  beberapa saat setelah logo windows, mentok di bendera windows, laptop Acer 4736 ini juga sering hang ketika sedang digunakan.

Langkah memperbaiki Acer 4736 bluescreen :

1. Sata Configuration


Cek pengaturan SATA mode nya, pengaturan SATA mode ini adalah pengaturan pada BIOS untuk menentukan interface harddisk yang dipakai ada dua pilihan yang bisa di pilih yaitu IDE Mode dan AHCI mode jika SATA mode nya tidak sama dengan setingan OS ketika diinstal maka bisa menyebabkan bluescreen saat loading windows. Cobalah untuk mengganti pengaturan SATA ini terlebih dahulu.

2.  Instal ulang windows


Laptop Acer 4736 bluescreen bisa disebabkan oleh windows yang corrupt, kena virus maupun penyebab lain yang berhubungan dengan sistem operasi ny. Kerusakan pada sistem operasi bisa di selesaikan dengan melakukan instal ulang.

3. Mainboard rusak

acer 4736
mainboard acer 4736

Jika langkah diatas sudah dilakukan masih belum bisa menyelesaikan masalah bluescreen, gagal loading windows, maka kemungkinan besar mainboard laptop rusak. Dibutuh kan keahlian khusus dan alat yang khusus untuk memperbaikinya, sebaiknya diserahkan kepada ahlinya yang lebih berpengalaman. Namun jika anda merasa kuat dan mampu untuk melakukan nya silahkan lanjut langkah ke empat.

4. Servis mainboard laptop Acer 4736


Secara teori kerusakan Acer 4736 bluescreen gagal loading windows ini disebabkan oleh tidak stabilnya suply arus ke processor, dengan kata lain terjadi denyut tegangan ketika procesor mulai bekerja full. Ini dapat ditandai dengan tidak adanya kendala ketika laptop dihidupkan pada tampilan BIOS, namun ketika load OS laptop tidak kuat dan restart.

Pada laptop Acer 4736 ada satu komponen yang paling rawan rusak yaitu kapasitor coupling pada blok vcc core ( blok suply procesor). Komponen ini terletak persis dibagian bawah daripada procesor, berbentuk kotak persegi berwarna hitam dengan kode komponen OE907 , komponen ini biasa disebut nec tokin.
acer 4736 bluescreen
Nec tokin

Nec tokin adalah komponen kapasitor yg memiliki kode OE128,OE907 kemungkinan nilai kapasitor ini sudah berkurang dari semestinya maka perlu diganti dengan yang baru. Namun dalam praktek nya banyak teknisi dilapangan yang mengganti nec tokin dengan menyusun beberapa buah capasitor smd hingga total nilainya menyamai nilai nec tokin aslinya.

Kerusakan nec tokin ini seakan sudah menjadi sebuah penyakit yang umum terjadi pada beberapa type laptop yang memakai kapasitor nec tokin untuk decoupling vcc core nya. 

Fungsi dari nec tokin adalah untuk meratakan gelombang sinus tegangan DC yang dihasilkan oleh blok DC/DC vcc core, namun ketika fungsinya terganggu tegangan vcc core menjadi tidak mulus, sehingga berpengaruh pada kinerja procesor. 

Beberapa kerusakan laptop yang disebabkan oleh nec tokin sering ditemukan pada laptop type berikut :

Toshiba L300 bluescreen


Compaq CQ 20 bluescreen


Acer 2920 bluescreen


Toshiba L310 bluescreen


Acer 4736 blue screen

Toshiba L510 bluescreen

Demikian cara memperbaiki Acer 4736 sering bluescreen,gagal booting, gagal loading windows. Jika bermanfaat, Silahkan share dengan menyertakan sumber!

Daftarkan Email Untuk Dapatkan Update Terbaru:

Belum ada Komentar untuk "Servis Acer 4736 bluescreen"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel