Penyebab Laptop Panas ( Over Heat ) dan Mati.


Laptop suka hank dan tiba tiba mati sendiri?? mungkin laptop anda terlalu panas ( Over Heat ). Dalam postingan kali ini akan dibahas apa penyebab serta solusinya.

Banyak hal yang menyebabkan laptop hank dan sering mati sendiri, namun selama menekuni profesi sebagai tukang servis laptop saya paling banyak menemukan penyebab utama laptop sering hank dan mati – mati sendiri adalah OVERHEAT!!

Overheat adalah panas yang berlebihan ketika laptop bekerja, suhu panas pada laptop sebenarnya adalah hal yang wajar karena selama laptop itu bekerja menghasilkan energi panas namun tetap dalam batas yang wajar.

Panas yang dihasilkan komponen laptop ketika bekerja sudah di atur sedemikian rupa agar tetap dalam koridor yg wajar oleh sebuah sistem pendinginan yang dikenal dengan HSF ( Heat Sink Fan) yang terdiri dari plat tembaga yang menempel langsung kepada penghasil panas utama ( Processor dan VGA Chip ), kemudian sebuah fan/kipas yang berfungsi mendinginkan plat tersebut ketika panas dari Processor / VGA mengalir pada plat tembaga, antara plat tembaga dan processor ditambahkan semacam pasta untuk menyempurnakan aliran panas dari procesor ke plat tembaga tersebut.

IMG_20181030_021742

Masalah akan muncul ketika laptop sudah dipakai dalam waktu yang lama, debu debu halus yang masuk terbawa aliran udara sistem pendinginan mulai menggumpal pada kisi kisi heatsink atau tempat arah keluar aliran angin sehingga tejadi penyumbatan.

Penyumbatan kisi kisi heatsink oleh debu membuat panas pada plat tidak bisa didingin kan secara maksimal oleh putaran kipas sehingga suhu panas pada processor menjadi tinggi.

overheta

Petanyaan nya : kenapa panas berlebihan membuat laptop hank / mati???

Procesor sebagai otak pintar pada laptop sudah dilengkapi sensor temperatur yang bertugas mengontrol panas pada sistem mainboard, selain mengontrol suhu panas juga sekaligus berfungsi sebagai proteksi untuk melindungi procesor dari kerusakan akibat panas berlebihan. ini berarti jika laptop mati – mati ketika panas setelah digunakan dalam beberapa waktu maka bisa disimpulkan sistem proteksi berjalan dengan baik, jika tidak mati malah akan lebih berbahaya.

Untuk menghindari kerusakan laptop overheat seperti ini maka ada baik nya memperhatikan kondisi berikut :

  1. Hindari menggunakan laptop ditempat yang banyak debu.
  2. Jangan meletakkan laptop ditempat tempat seperti kasur , sofa karena bisa menggangu aliran udara heatsink.
  3. Tambahkan kipas tambahan pada bagian bawah laptop jika digunakan dalam jangka lama.
  4. Rutin membersihkan kisi – kisi atau ventilasi heatsink (bisa menggunakan tool dibawah ini) sebelum debu menumpuk tebal, karena kalau sudah menumpuk tidak ada solusi lain selain dibongkar laptop nya, dan disarankan hanya dilakukan oleh ahlinya.

    tools
    contoh cleaning tool kit banyak dijual ditoko toko komputer.


    Itulah Penyebab utama laptop panas dan mati, jika bermanfaat silahkan share  dan jangan lupa tinggalkan komentar.




Belum ada Komentar untuk "Penyebab Laptop Panas ( Over Heat ) dan Mati."

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel