8 Jenis Kerusakan Layar Laptop dan Cara Memperbaikinya


Liquid Crystal Display (LCD) , dan Led Emitting Dioda (LED) adalah dua jenis type layar yang umum di gunakan pada laptop dan dari ketebalan nya juga ada type yang tipis/slim  dan tebal

Perbedaan antara kedua jenis ini sudah banyak dibahas dalam banyak artikel, yang kalau kita kumpulkan bisa menjadi setebal skripsi.

Namun sekarang kita akan coba membahas nya dalam sudut pandang seorang teknisi, tentu saja dasar pikiran seorang teksini adalah bagai mana memperbaiki bagian yang rusak pada suatu perangkat sehingga bisa berfungsi normal kembali.

Tentu saja tidak semua bagian dari layar ini bisa diperbaiki, ada bagian bagian yang memang tidak memungkinkan untuk diperbaiki seperti layar pecah

Utuk itu kita mulai dari gejala kerusakan layar laptop.

LED-LCD-difference
Gejala Kerusakan Layar LED / LCD

Yang dimaksud dengan gejala kerusakan ini adalah kondisi fisik yang bisa dilihat dan dijelaskan oleh orang awam sekalipun.

  • Tidak ada tampilan sama sekali
  • Ada tampilan tetapi gelap tidak ada cahaya, untuk melihat tampilan bisa dibantu cahaya senter
  • Tampilan hanya putih terang ( blank putih)
  • Tampilan goyang bila tersenggol.
  • Terdapat spot spot putih pada layar (panuan)
  • Ada garis warna warni baik vertikal maupun horizontal
  • Bintik bintik berwarna merah, hijau, atau biru ( dot pixel)
  • Layar pecah

Solusi Perbaikan

    1. Tidak Ada Tampilan

      Secara teknis, untuk menyala layar memerlukan suplay tegangan yang disuplay dari mainboard kemudian ditransmisikan ke layar melalui kabel flexibel menuju layar

      Tidak ada tampilan secara total disebabkan oleh tidak masuknya daya tersebut pada layar, maka perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh dan teliti dari mainboard sebagai sumber suplay tegangan, flexibel sebagai penghantar dan juga sistem proteksi pada layar.

      Untuk pengukuran dimainboard dicari titik ukur nya (bisa menggunakan skema sesuai type laptop) , harus ada terdapat  tegangan utama yang umumnya 19 V, jika pada mainboard terukur 19 v,maka dilanjut pengecekan flexibel

      Cara paling mudah mengecek flexibel adalah dengan mengganti nya sementara menggunakan flexibel lain (type harus sama).

      Jika flexibel sudah dipastikan dalam kondisi baik maka bisa kita simpulkan tegangan dari mainboard terdistribusikan dengan baik ke layar.

      Sekarang kita fokus ke sistem proteksi layar, yang dimaksud  proteksi layar adalah sebuah kondisi memutuskan aliran arus ke sistem secara otomatis ketika ada masalah, maka digunakan sebuah komponen yang berperan penting dalam proteksi layar yaitu berupa R Fuse (resistor yang berfungsi sebagai sekring).

      R Fuse adalah sebuah resistor yang memiliki resistansi 0 Ω dan memiliki batas kemampuan yang terbatas untuk melewatkan arus (ampere) artinya jika arus yang melewatinya melebihi batas maka dia akan rusak / putus.

      Sifat dan karakteisitik dari R Fuse inilah yang dimanfaatkan untuk melindungi komponen lain dari kerusakan yang lebih parah
      Jika menemukan R Fuse Putus maka terlebih dahulu cari penyebab putus nya
    2. Ada Tampilan Tapi Gelap ( No Backlight )

      Merupakan kondisi dimana tampilan desktop muncul akan tetapi tidak nampak karena gelap tapi bisa dilihat dengan bantuan lampu senter misalnya. kerusakan seperti ini sering kami temukan, titik permasalahan nya adalah pada lampu backlight yang tidak menyala

      Secara umum konstruksi layar itu bisa dibagi kepada dua bagian, yaitu bagian yang mengatur data yang akan ditampilkan dan bagian yang mengatur backlight (brightness , contrast ).

      Terdapat perbedaan pada type backlight , dimana untuk type LCD mnggunakan backlight berupa lampu neon putih, dan LED menggunakan LED Strip.

      Kerusakan Backlight yang tidak menyala bisa disebabkan oleh backlight nya rusak atau ic power sebagai penyuplai tegangan nya rusak.

      Kerusakan backlight termasuk kerusakan yang bisa di perbaiki dengan cara mengganti nya, butuh kehati-hatian dan kesabaran untuk menggantinya mengingat layar laptop itu tipis tidak seperti layar TV LED.

      Jika backlight normal, maka kemungkinan besar IC power nya yang rusak, biasa nya terletak pada board kecil dibawah panel berdekatan dengan soket backlight.
       
    3. Blank Putih

      Seperti yang sudah dijelaskan sebelum nya ada blok pengatur tampilan dan blok pengatur backlight

      Pada kasus tampilan gelap tadi, permasalahan terdapat pada blok pengatur backlight maka ini kebalikannnya, kerusakan terjadi pada blok pengatur data yang akan ditampilkan.

      Blok ini cukup rumit untuk diperbaiki dikarenakan banyak nya signal data yang harus diukur satu persatu. tapi tenang.. berdasarkan pengalaman kami kita tidak perlu mengukur satu persatu karena kerusakan pada jalur itu sangat jarang terjadi, kecuali dalam kondisi ekstreem.

      Kasus ini sering ditemui pada laptop yang memiliki Dedicate VGA (ATI , NVIDIA). Kasus yang sering ditemui adalah terdapat kerusakan atau sesuatu yang abnormal pada chip vga jadi fokus saja pengananan pada chip VGA nya.

      Selain VGA bermasalah juga ada kemungkinan permasalahan pada kabel flexibel,  kami sarankan sebelum garap VGA pastikan flexibel dalam kondisi baik.
    4. Tampilan Goyang

      Kemungkinan terbesar kerusakan ada pada kabel flexibel, coba buka dan pasang kembali kabel flexibel dan tambah kan isolasi atau double tape agar soket bisa terkunci dengan erat.
    5. Spot Putih

      Layar jika kita bongkar maka akan terdiri dari beberapa lembar, lembaran paling depat adalah panel yang di kontrol oleh mainboard kecil dibawahnya, pada panel inilah data ditampilkan

      kemudian ada beberapa lembar di belakang nya yang berfungsi untuk memfilter dan menyebarkan cahaya led backlight secara merata

      Spot putih seperti panu ini biasanya disebabkan karena adanya kotoran atau “cacat” pada lembaran yang berada di belakang panel, solusinya adalah dengan mengganti nya. untuk part pengganti nya memang tidak ada yang jual tapi bisa diambil dari layar yang panelnya sudah pecah (kanibal).
    6. Garis Warna -  Warni

      Permasalahan ini disebabkan dari rusak nya koneksi antara board pengontrol dengan panel, tidak banyak yang bisa kita lakukan disini karena belum ada solusi untuk memperbaikinya
    7. Dot Pixel
      Tidak hanya terdapat pada layar lama dipakai, bahkan layar barupun tidak luput dari permasalahan ini, 100% permasalah ini karena adanya cacat pabrik dan tidak bisa diperbaiki
    8. Layar Pecah
      Tidak ada solusi selain ganti layar atau, ambil panel dari layar yang backlight tidak bisa diperbaiki (kanibal)
Demikianlah 8 jenis kerusakan layar laptop dan cara memperbaikinya, semoga bermanfaat!



Daftarkan Email Untuk Dapatkan Update Terbaru:

Belum ada Komentar untuk "8 Jenis Kerusakan Layar Laptop dan Cara Memperbaikinya"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel