Program Instal Ulang dan Aplikasi Minimum

instal, win10 

Permasalahan yang paling sering ditemui dalam servis dan perbaikan komputer adalah kerusakan pada sistem operasi secara menyeluruh atau kerusakan pada software tertentu. Untuk permasalahan pada bagian software ini biasa nya teknisi langsung memilih opsi terakhir yaitu instal ulang OS, hal ini dipilih mengingat waktu yg diperlukan lebih efektif dibanding melakukan try and error pada sistem registry dan segala macam nya.

Ketika memilih untuk instal ulang OS tentu kita perlu menyiapkan sistem baru beserta aplikasi pendukung nya untuk membentuk sebuah sistem komputer standar yang mampu mengakomodir keperluan umum dari pengguna komputer itu sendiri. Mulai dari keperluan pekerjaan kantoran seperti word , excel, powerpoint dan kawan kawannya, untuk keperluan berselancar di dunia maya seperti internet browser, downloader internet security, maupun untuk keperluan yang bersifat hiburan seperti audio player dan video player.
Berikut daftar aplikasi yang umum diperlukan dalam sebuah minimum sistem komputer :

  1. MICROSOFT OFFICE
  2. Sebuah paket program aplikasi dari microsoft untuk keperluan pekerjaan kantoran seperti Microsoft Word sebagai pengolah kata atau word processor, excel, power point, acces, dan banyak aplikasi yg terinstal sepaket dengan nama Microsoft Office. untuk versinya tersedia bberapa versi seperti microsoft office 2007, 2010, 2013, 2016. untuk pemilihan versi bisa disesuaikan dengan kebutuhan karenan setiap versi memiliki kompatibilitas yang baik dengan versi lainnya, kecuali untuk versi 2007 kebawah perlu diperhatikan,, file yg dibuat dengan microsoft office 2007 akan berantakan formatnya jika dibuka dengan aplikasi 2010 keatas. Microsoft ini adalah aplikasi berbayar untuk aplikasi yg free bisa menggunakan openoffice untuk fungsi yang sama.
  3. ADOBE READER
  4. Pdf merupakan salah satu format dokumen yg bnyak beredar dan adobe reader adalah aplikasi untuk membuka file pdf. Adobe reader merupakan aplikasi gratis dari Adobe namun hanya bisa dipakai untuk membaca file pdf. Jika membutuhkan fitur untuk edit pdf mungkin bisa mencoba program aplikasi Adobe reader pro yg berbayar.
  5. CYBERLINK YOUCAM
  6. untuk komputer yg memiliki perangkat kamera seperti laptop maka diperlukan aplikasi yang bisa mengakses kamera, untuk fitur ini cyberlink youcam bisa dijadikan pilihan mengingat aplikasi ini memiliki fitur dan efek kamera yang lengkap.
  7. GOM PLAYER
  8. Dengan kelebihan support banyak format video menjadikan gom player banyak diminati bahkan dijadikan aplikasi default untuk menjalankan file film maupun video pendek
  9. MEDIA PLAYER CLASSIC
  10. Untuk aplikasi pemutar video biasanya tidak cukup hanya menginstal satu aplikasi saja kombinasi GOM player dan media player classic bisa disebut pasangan serasi mengingat aplikasi ini menyediakan codec yg lengkap.
  11. WINAMP
  12. Simple dan ringan serta tampilan skin yg bisa di kostumisasi sesuai selera bisa menjadi pertimbangan untuk menjadikan nya sebagai aplikasi audio player default
  13. WINRAR
  14. aplikasi ini berfungsi untuk 'mem-packing' file dan folder agak tidak berserakan dan bahkan bisa sebagai proteksi master installer program dari serangan virus, juga memiliki kemampuan kompresi file yg baik sehingga data kita lebih hemat dalam pemakaian space penyimpanan
  15. WINMOUNT
  16. hampir sama dengan WinRAR untuk kompresi dan packing file namun memiliki kelebihan lain yaitu bisa me-mounting file berformat image seperti file .iso
  17. GOOGLE CHROME
  18. Tentu saja ini digunakan untuk browsing di dunia Maya dengan segala kelebihannya
  19. MOZILLA FIREFOX
  20. Bisa sebagai opsi kedua atau bisa opsi pertama untuk aplikasi internet browser , biasa nya Firefox dan Google Chrome diinstal bersamaan
  21. Internet Download Manager (IDM)
  22. Aplikasi ini diperlukan jika pengguna komputer sering melakukan aktivitas download file di dunia maya
  23. ANTIVIRUS
  24. Antivirus disarankan untuk menginstal antivirus yang memilikik proteksi yang lengkap, jika memungkinkan gunakan dua antivirus sekaligus untuk pengamanan optimal tapi pertimbangkan juga untuk tidak memberatkan sistem.

Demikian beberapa program aplikasi yang biasa kami gunakan untuk melakukan reinstal OS, banyak nya aplikasi yang memiliki fungsi yang serupa menjadi pertimbangan kami untuk menyebut dafatar diatas sebagai sistem minimum yang harus ada pada setiap melakukan proses re-instal windows disamping program aplikasi yang diminta khusus oleh pemilik komputer, semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Program Instal Ulang dan Aplikasi Minimum"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel